PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN UNTUK MENDUKUNG PEMASARAN PRODUK HASIL PERTANIAN DI KELOMPOK WANITA TANI BAROKAH

Authors

  • Shinta Tantriadisti Politeknik Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jss.v9i3.611
Abstract viewed = 12 times

Keywords:

Bandar Lampung, Digital Marketing, Kemasan Produk, KWT Barokah

Abstract

Produk yang dihasilkan KWT Barokah masih diolah sangat sederhana, terutama dalam pengemasan produknya, kondisi ini dikarenakan minimnya pengetahuan KWT akan kelengkapan atribut kemasasn produk. Padahal peran kemasan sangat penting karena menciptakan kesan pertama bahkan sebelum produk dikonsumsi. Pada perkembangan kemasan berfungsi dari sebuah pelindung dari sebuah produk tapi lebih dari itu. Desain kemasan justru menguatkan persepsi sebuah kualitas produk. Tampilan dan estetika kemasan sangat penting dalam membangun brand sebuah produk. Kemasan produk pada KWT Barokah, hanya menggunakan plastik kemasan biasa tanpa atribut kemasan yang lengkap, terlihat tidak menarik sehingga tidak marketable. Ketika ada pesanan dalam jumlah banyak, maka kemasan sekunder yang digunakan adalah plastik besar polos saja, sehingga tidak mencirikan kekhasan dan identitas produk KWT Barokah. Kondisi ini menjadi kendala bagi KWT untuk memasuki pasar baru. Metode pelaksanaan ditempuh dengan dua kegiatan yaitu persiapan dan pelatihan. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kelompok Wanita Tani dalam melakukan pengemasan produk yang menarik dan penerapan digital marketing pada produk yang dihasilkan guna meningkatkan penjualan produk atau memenangkan persaingan dalam pemasaran produk pangan olahan. Hasil dari pelatihan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan anggota KWT Barokah dalam melakukan pengemasan produk yang menarik dan penerapan digital marketing untuk perluasan penjualan produk yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Nuni, Cholid Fatih, M. Zaini, Edy Humaidi, and Sutarni. 2020. “Digital Marketing Produk Pertanian Di Desa Sukawaringin Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah.” Pengabdian Nasional 1(1):36–45.

Cenadi, C.S. 2000. Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, 2(2): 92–103.Tersedia di http://puslit2.petra.ac.id /ejournal /index. php/dkv /article/ view/ 16056.

Darmawan, D. 2017. Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Agrimas, 1(April): 1–10.

Setiawan, R. D., & Oemar, E. A. B. (2015). Pengembangan desain kemasan kripik singkong UD Aji Jaya Makmur. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3(3), 183–189.

Theophany, H., Bramantya, B., & Sutanto, R. P. (2014). Studi visual perubahandesain kemasan sosis “ Bernardi ” tahun 2009-2013. Jurnal Desain Komunikasi Viasual Adiwarna, 1-13.

Uchyani, R. dan Irianto, H. 2016. Pengembangan Pasar Produk Olahan Kacang Melalui Perbaikan Kemasan. AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship. Vol. 01. No. 01. Januari 2016 : 62 – 67.

Downloads

Published

2025-11-28

How to Cite

Tantriadisti, S. (2025). PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN UNTUK MENDUKUNG PEMASARAN PRODUK HASIL PERTANIAN DI KELOMPOK WANITA TANI BAROKAH. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 9(3), 167–171. https://doi.org/10.23960/jss.v9i3.611