PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI PADA ANAK USIA DINI MELALUI SOSIALISASI PEDOMAN MAKANAN BERGIZI
DOI:
https://doi.org/10.23960/jss.v9i3.567Abstract viewed = 18 times
Keywords:
Pedoman Makanan Bergizi;, Pengetahuan; Anak Usia Dini;Abstract
Makanan sehat merupakan komponen penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Mitra yang terlibat menghadapi tantangan berupa rendahnya kesadaran anak-anak dalam memilih makanan yang sehat dan bergizi. Oleh karena itu, diperlukan upaya sosialisasi mengenai pedoman makanan bergizi untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya pola makan sehat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pedoman makanan bergizi bagi anak-anak usia dini di TK Faqih Aulia, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung. Sosialisasi dilakukan melalui penyuluhan interaktif yang melibatkan ceramah, video edukatif, alat peraga (food model), serta permainan edukatif. Orang tua dan guru juga dilibatkan dalam program ini guna memastikan kesinambungan penerapan pola makan sehat di rumah dan sekolah. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anak-anak mengenai pedoman makanan bergizi, serta meningkatkan partisipasi aktif dari orang tua dan guru. Selain itu, orang tua dan guru memperoleh tambahan pengetahuan terkait pedoman makanan bergizi serta cara memantau status tumbuh kembang anak. Mereka diharapkan dapat terus berperan aktif dalam menjaga pola makan sehat anak, baik di lingkungan rumah maupun sekolah. Ke depannya, program sosialisasi ini diharapkan dapat diperluas ke sekolah dasar dan komunitas yang lebih luas guna mencapai dampak yang lebih signifikan.
Downloads
References
Brooks, N., Begley, A. (2014). Adolescent food literacy programmes: A review of the literature. Nutr. Diet, 71, 158–171.
Brown, T., Summerbell, C. (2009). Systematic review of school-based interventions that focus on changing dietary intake and physical activity levels to prevent childhood obesity: an update to the obesity guidance produced by the National Institute for Health and Clinical Excellence. Obes Rev, 10(1):110–41.
Chote, B., McKelvie-Sebileau, P., Swinburn, B., Tipene-Leach, D., D’Souza, E. (2022). Culture of healthy eating and food environments, policies, and practices in regional New Zealand Schools. Int. J. Environ. Res. Public Health, 19(11), 6729.
Chung, L.M.Y., Fong, S.S.M. (2018). Role of behavioural feedback in nutrition education for enhancing nutrition knowledge and improving nutritional behaviour among adolescents. Asia Pac J Clin Nutr, 27(2), 466–72.
Croll, J.K., Neumark-Sztainer, D., Story, M. (2001). Healthy eating: What does it mean to adolescents? J. Nutr. Educ, 33, 193–98.
Isbanner, S., Carins, J., Thiele, S.R. (2022). Healthy eats—Evaluation of a social marketing program delivered in primary school settings in Queensland. Int J Environ Res Public Health, 19(21), 14415.
Jatmika, S.E.D., Maulana, M., Kuntoro, Martini, S. Buku Ajar Pengembangan Media Promosi Kesehatan. Yogyakarta: K-Media; 2019.
Perry, E.L., Carter, P.A., Becker, H.A., Garcia, A.A., Mackert, M., Johnson, K.E. (2017). Health Literacy in Adolescents with Sickle Cell Disease. Journal of Pediatric Nursing, 36(2017), 191-196.
Smith, J.D., Hou, T., Ludwig, D.S., Rimm, E.B., Willett, W., Hu, F.B., Mozaffarian, D. 2015. Changes in intake of protein foods, carbohydrate amount and quality, and long-term weight change: results from 3 prospective cohorts. Am J Clin Nutr, 101(6), 1216-24.
Syah, D., Ghaisani, M., Surtmono, Sparingga, R., Palupi, N.S. (2015). Akar masalah keamanan pangan. Jurnal Mutu Pangan, 2(1), 18-25.
Thomas, H., Azevedo Perry, E., Slack, J., Samra, H.R., Manowiec E., Peterman, L., Manafò E., Kirkpatrick, S.I. (2019). Complexities in conceptualizing and measuring food literacy. J. Acad. Nutr. Diet. 119(4), 563–573.
Townsend, N., Foster, C. (2013). Developing and applying a socio-ecological model to the promotion of healthy eating in the school. Public Health Nutr, 16(6), 1101–1108.
Townsend, N., Murphy, S., Moore, L. (2011). The more schools do to promote healthy eating, the healthier the dietary choices by students. J Epidemiol Community Health, 65(10), 889–895.
Vaitkeviciute, R., Ball, L.E., Harris, N. (2015). The relationship between food literacy and dietary intake in adolescents: A systematic review. Public Health Nutr, 18(4), 649–58.
Veronika, A.P., Puspitawati, T., Fitriani, A. (2021). Associations between nutrition knowledge, protein-energy intake and nutritional status of adolescents. Journal of Public Health Research, 10(2), 1–8.
William, A.M., Suchdev, P.S. (2017). Assessing and improving childhood nutrition and growth globally. Pediatric Clinics of North America, 64(4), 755–768.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indri Windarti, Waluyo Rudiyanto, Anggi Setiorini, Bayu Putra Danan Jaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








