EDUKASI PEMILAHAN SAMPAH SEBAGAI WUJUD PENGAMALAN NORMA-NORMA DI PAUD QUR’AN AS-SALAM WANAJAYA, CIBITUNG
DOI:
https://doi.org/10.23960/jss.v9i1.533Abstract viewed = 83 times
Keywords:
Anak Usia Dini, Edukasi, Norma, Pemilahan SampahAbstract
Saat ini pemahaman tentang norma-norma pada anak usia dini masih belum sempurna. Pentingnya edukasi pemilahan sampah merupakan salah satu wujud pengamalan norma-norma pada anak usia dini. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan praktek bagaimana memilih dan memilah sampah yang sesuai sasaran untuk anak usia dini agar dapat diterapkan di lingkungan sekolah dan kehidupan sehari-hari. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif yang melibatkan guru di Paud As-Salam Wanajaya dengan memberikan gambaran atau contoh dan demonstrasi dalam pemilahan sampah sebagai wujud pengamalan norma-norma masyarakat. Hasil menunjukkan bahwa anak-anak telah memperoleh kemampuan untuk membedakan mana yang benar dan salah dalam memilah sampah organik dan anorganik. Antusius yang ceria dan semangat pada anak-anak Paud As-Salam Wanajaya saat pembelajaran dan praktek berlangsung mempengaruhi pemahaman mereka tentang jenis-jenis sampah dan bagaimana memilah sampah untuk dibuang ke tempat sampah berdasarkan warna-warna tempat sampah yang sesuai standarnya. Edukasi dengan pendekatan yang menyenangkan dan demonstrasi memberikan dampak positif dalam kegiatan pengabdian ini. Norma sebagai pedoman, struktur, dan pengontrol tingkah laku juga memberikan pembelajaran tentang bersosialisasi dengan teman sebayanya yang bisa tertanam sejak anak usia dini khususnya mengenai pemilahan sampah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JSS is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License