PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA SAMBIREJO YANG MENGALAMI MASALAH PENCEMARAN SUNGAI MELALUI PEMBUATAN B-FILMA (BIO FILTER LIMBAH AIR RUMAH TANGGA)

  • Bagus Setyo Pratondo Universitas PGRI Madiun
  • Agus wahyu prasetyo Universitas PGRI Madiun
  • Yuliana Ristanti Universitas PGRI Madiun
  • Pujiati Pujiati Universitas PGRI Madiun

Abstract

Masyarakat sambirejo umumnya tidak produktif dalam hal mengolah dan  memanfaatkan air limbah, mereka membuang air limbah tersebut langsung ke selokan yang ada di depan rumah, tanpa diolah terlebih dahulu. Akibatnya, sungai yang menjadi tempat bermuaranya selokan tercemar, warnanya menjadi coklat dan mengeluarkan bau busuk, selain bisa menyebabkan ikan-ikan mati, zat-zat polutan yang terkandung di dalam limbah juga bisa menjadi sumber penyakit, seperti kolera, disentri,dan berbagai penyakit lainya. Oleh karena itu, pemahaman masyarakat akan dampak yang ditimbulkan dari air ini perlu ditingkatkan serta pelatihan ilmu pengolahan limbah air ini perlu diterapakan dalam kehidupan sehari-hari dengan Biofilter ini agar limbah air yang ada di desa Sambirejo dapat berkurang dan untuk juga untuk mengurangi pencemaran lingkungan, serta dapat meningkatkan sumber daya manusia di Sambirejo Madiun. Hasil kegiatan sosialisasi  pemberdayaan yang dicapai dan analisis kuisioner yang dibagikan sebelum sosialisasi dalah 50% masyarakat mengetahui dampak dari limbah air rumah tangga khususnya deterjen dan 20 % masyarakat mengetahui alat B-FILMA , dan analisis hasil kuisioner yang dibagikan setelah sosialisasi adalah 75% masyarakat menjadi faham mengenai dampak dari limbah air rumah tangga khusunya deterjen dan 50% masyarakat mengetahui alat B-FILMA.


 


 

Published
Jul 23, 2018
How to Cite
PRATONDO, Bagus Setyo et al. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA SAMBIREJO YANG MENGALAMI MASALAH PENCEMARAN SUNGAI MELALUI PEMBUATAN B-FILMA (BIO FILTER LIMBAH AIR RUMAH TANGGA). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 91-93, july 2018. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/95>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v2i2.95.
Section
Articles