Diseminasi Penggunaan Probiotik pada Broiler di Kelompok Peternak Paras

  • Dian Septinova Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung, Bandar Lampung Jl. Prof. Sumantri Brojonegoro No.1 Bandar Lampung 35145

Abstract

Kelompok Peternak Paras (Perkampungan Ayam Ras) adalah kelompok peternak yang bergerak di bidang usaha ayam ras khususnya ayam broiler. Kendala yang selama ini dihadapi oleh Kelompok Peternak Paras adalah tingginya biaya ransum dan sapronak, rendahnya produksi, dan kasus penyakit NC, Pullorum, dan CRD.  Berdasarkan masalah tersebut, maka solusi yang ditawarkan oleh Tim pengabdian Unila adalah (1) meningkatkan kemampuan anggota  kelompok ternak ini mempunyai daya saing yang tinggi, (2) memperbaiki manajemen pemeliharaan yang ada (3) mengenalkan bioteknologi probiotik untuk meningkatkan efisiensi ransum dan produksi broiler, (4) menjelaskan teknik biosekuriti dan vaksinasi yang tepat untuk pencegahan penularan penyakit ke dan dari ayam.   Metode kegiatan yang digunakan adalah Participatory Rural Apraisal (PRA), yaitu suatu Metode pendidikan kepada masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan, dan demplot.  Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pengetahuan dan ketrampilan masyarakat mengenai manajemen pemeliharaan broiler dengan pemberian probiotik meningkat, produksi broiler yang diberi probitik pun terbukti lebih baik dibanding kontrol, sehingga peternak di Kelompok Paras pun tertarik untuk mengembangkan broiler probio.

Published
Mar 27, 2018
How to Cite
SEPTINOVA, Dian. Diseminasi Penggunaan Probiotik pada Broiler di Kelompok Peternak Paras. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 19-24, mar. 2018. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/85>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v2i1.85.
Section
Articles