Pengolahan Sampah Rumah Tangga Berbasis Partisipasi Aktif dari Masyarakat Melalui Penerapan Metode 4RP untuk Menghasilkan Kompos

  • Buhani Buhani Jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung, 35145

Abstract

Dalam rangka mengimplementasikan kegiatan pengelolaan dan pengolahan sampah berbasis partisipasi masyarakat, Universitas Lampung, Pemkab Way Kanan, dan perguruan tinggi mitra yaitu Politeknik Negeri Lampung membentuk pilot project pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Pengelolaan sampah berbasis masyarakat bertujuan untuk menerapkan konsep 4Rp (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, Participation) melalui Program Kemitraaan Wilayah (PKW) Kemeristekdikti, sehingga sampah/limbah pertanian dapat dikelola secara mandiri oleh masyarakat di tingkat sumbernya langsung, dan dapat mengurangi jumlah timbulan sampah yang harus dikelola di TPS atau TPA, serta dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi. Kegiatan ini telah dilaksanakan di desa yang memiliki potensi sampah/limbah perkebunan dan pertanian di Desa Way-Tuba kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan. Secara umum, hasil kegiatan tersebut telah meningkatkan partisipasi dan pengetahuan masyarakat terhadap paradigma tentang sampah dan pengelolaan sampah dengan konsep 4Rp, pengadaan pupuk/kompos secara mandiri, serta menjadi pelopor pengelolaan sampah berbasis partisipasi aktif dari masyarakat dengan persentase rata-rata peningkatan dari 38,6 menjadi 86%.

Published
Mar 27, 2018
How to Cite
BUHANI, Buhani. Pengolahan Sampah Rumah Tangga Berbasis Partisipasi Aktif dari Masyarakat Melalui Penerapan Metode 4RP untuk Menghasilkan Kompos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 7-13, mar. 2018. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/84>. Date accessed: 26 sep. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v2i1.84.
Section
Articles