PELATIHAN SISTEM DETEKSI BANJIR BERBASIS MIKROKONTROLER DAN GPS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI TEKNOLOGI BAGI SISWA SMK
Pemanfaatan Mikrokontroler dan GPS dalam Edukasi Mitigasi Banjir untuk Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.23960/jss.v9i2.598Abstract viewed = 35 times
Abstract
Penguatan literasi teknologi dalam mitigasi bencana merupakan bagian penting dari strategi pengembangan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMK terhadap konsep dasar sensor, mikrokontroler, GPS, serta sistem pemantauan jarak jauh dalam konteks mitigasi bencana banjir. Pelatihan difokuskan pada perancangan dan implementasi sistem deteksi banjir berbasis mikrokontroler dan GPS yang mampu memantau ketinggian air secara real-time. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Siswa diberikan materi konseptual, pelatihan praktik, serta panduan langsung dalam membangun dan mengoperasikan sistem. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari 47,75 pada pretest menjadi 85,75 pada posttest, dengan rata-rata peningkatan sebesar 38 poin. Peningkatan ini menandakan efektivitas pelatihan dalam meningkatkan literasi teknologi peserta, sekaligus memperkuat kompetensi mereka dalam merancang solusi berbasis teknologi untuk kebencanaan. Dampak positif dari pelatihan ini tidak hanya terlihat dari hasil evaluasi, tetapi juga mendorong integrasi sistem pemantauan jarak jauh ke dalam model pembelajaran berbasis proyek di lingkungan sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JSS is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License