PENGUATAN KARAKTER GENERASI Z DI ERA DISRUPTIF
DOI:
https://doi.org/10.23960/jss.v9i2.566Abstract viewed = 32 times
Keywords:
karakter generasi Z era disruptifAbstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi terkait penguatan karakter Generasi Z di era disruptif. Metode yang digunakan adalah dengan pelatihan. Evaluasi pelatihan meliputi indikator: (1) Pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan post-test peserta; (2) Antusiasme/respon peserta dalam mengikuti kegiatan; (3) Kemampuan peserta memahami materi dalam praktik kehidupan sehari-hari; (4) Kejelasan pemateri dalam menyampaikan materi. Target jangka panjang yang akan dicapai dalam kegiatan ini adalah menjadikan Generasi Z di kota Bandar Lampung memiliki karakter yang kuat di era disruptif. Secara keseluruhan nilai rata-rata peserta sebelum dilaksanakan kegiatan sosialisasi adalah 43 dan mengalami kenaikan menjadi 86 setelah dilaksanakan kegiatan pelatihan. Kenaikan rata-rata sebesar 43 poin. Nilai pre test tertinggi adalah 70 dan nilai terendah 10, sedangkan untuk sesi post test nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah 70. Sehingga, kegiatan pengabdian ini mampu memberikan dampak positif secara kognitif terhadap pengetahuan tentang karakter yang kuat bagi Generasi Z di era disruptif. Sedangkan dari sisi afektif muncul kesadaran, kemauan, dan kemampuan peserta dalam meningkatkan keterampilan untuk masuk dan bersaing di era disruptif dengan karakter yang kuat sesuai dengan karakteristik generasi Z. Luaran dari kegiatan ini adalah artikel ilmiah yang disubmit ke Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, video kegiatan yang diunggah di akun You Tube, dan profil hasil pengabdian yang disampaikan dan diseminarkan pada seminar hasil pengabdian yang diselenggarakan oleh FISIP Universitas Lampung.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JSS is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License