PENGUATAN BRANDING DAN DIGITALISASI MARKETING UMKM MARNING DESA PONTANG, KECAMATAN AMBULU, KABUPATEN JEMBER

  • Mainatul Ilmi, Yani Dahliani, Aditya Fajri Ilhamsyah, Evi Ludya Agustin, Agus Prasetyo, Nur Habibina, Putri Nur Institut Teknologi dan Sains Mandala

Abstract

SDGs Desa dapat dicapai dengan sinergi berbagai pihak mulai dari pemerintah, akademisi dan masayarakat. Melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh akademisi meliputi dosen dan mahasiswa yang terlibat aktif dalam program-program pengembangan usaha masyarakat dapat membantu meningkatan kesejahteraa masyarakat. PkM kali ini bermitra dengan UMKM Marning yang dimiliki oleh Bapak Misladi di Desa Pontang, Kecamatan Ambulu, Jember. Permasalahan mitra terkait dengan belum adannya identitas pada produk, masih menggunakan kemasan plastik standar, dan belum mengenal pemasaran digital. Solusi yang diberikan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melakukan pendampingan penguatan branding dengan membuat logo produk, pembaharuan bentuk kemasan, pemasangan banner dan mendaftarkan rumah usaha di Google Map. Pendampingan juga dilakukan dengan memberikan wawasan tentang digital marketing untuk memperluas pemasaran.


 

Published
Mar 21, 2024
How to Cite
AGUS PRASETYO, NUR HABIBINA, PUTRI NUR, Mainatul Ilmi, Yani Dahliani, Aditya Fajri Ilhamsyah, Evi Ludya Agustin,. PENGUATAN BRANDING DAN DIGITALISASI MARKETING UMKM MARNING DESA PONTANG, KECAMATAN AMBULU, KABUPATEN JEMBER. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 16-22, mar. 2024. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/471>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v8i1.471.
Section
Articles