Kajian Kualitas Air Sumur Pada Permukiman Baru Kelurahan Jekan Raya Palangka Raya Serta Kaitannya Dengan Sumber Air Bersih Warga

  • Marvin Horale Pasaribu Program Studi Kimia, Universitas Palangka Raya
  • Tety Wahyuningsih Manurung Program Studi Kimia, Universitas Palangka Raya
  • Mokhamat Ariefin Program Studi Kimia, Universitas Palangka Raya

Abstract

Air bersih adalah kebutuhan mendasar bagi kehidupan manusia. Manusia sangat bergantung pada akses yang mudah dan aman terhadap air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kota Palangka Raya merupakan ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ikut terdampak dari proses pemindahan Ibu Kota Negera (IKN) ke pulau Kalimantan. Dimana laju pertambahan jumlah penduduk yang meningkat setiap tahunnya yang disertai dengan jumlah permukiman di Kota Palangka Raya yang semakin bertambah. Kota Palangka Raya memilki wilayah yang sebagian besar merupakan lahan gambut sehingga air permukaannya mempengaruhi air sumur yang digunakan oleh banyak permukiman yang baru didirikan sebagai sumber air bersih oleh warganya. Dalam pengabdian ini, metode yang digunakan yaitu sampling salah satu sumber air di rumah warga, analisa sampel air, serta ceramah kepada warga. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat beberapa parameter fisika dan kimia yang nilainya tidak sesuai dengan baku mutu air bersih berdasarkan Permenkes No. 32 Tahun 2017, yaitu air memilki bau yang khas, pH air yang cukup asam dengan nilai 5,7 serta kandungan logam Pb sebesar 20 mg/L. Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa air yang diperoleh dari sumur air di perumahan Casadova cukup layak untuk kebutuhan air bersih untuk keperluan higiene sanitasi, namun bukan untuk dikonsumsi atau diminum oleh warga.

Published
Mar 21, 2024
How to Cite
PASARIBU, Marvin Horale; MANURUNG, Tety Wahyuningsih; ARIEFIN, Mokhamat. Kajian Kualitas Air Sumur Pada Permukiman Baru Kelurahan Jekan Raya Palangka Raya Serta Kaitannya Dengan Sumber Air Bersih Warga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 10-15, mar. 2024. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/467>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v8i1.467.
Section
Articles