PELATIHAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO), CONTENT MARKETING, DAN BRANDING UNTUK PENINGKATAN POTENSI BALKONDES NGARGOGONDO

  • Dian Marlina Verawati Universitas Tidar
  • Dinar Melani Hutajulu Universitas Tidar
  • Novi Erawati Universitas Tidar

Abstract

Beberapa permasalahan yang dihadapi pengelola balkondes yaitu belum memiliki pengetahuan yang baik mengenai startegi pemasaran yang tepat, belum memiliki kompetensi digital marketing yang mumpuni, masih minimnya jumlah kunjungan wisatawan sehingga berdampak pada omset yang belum sesuai dengan target. Kegiatan pengabdian berfokus pada pelatihan SEO, content marketing, dan branding. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan, sebagian besar peserta telah memahami informasi strategi pemasaran digital, tutorial pembuatan SEO dan Content Marketing, serta Branding. Peserta juga merasa jauh lebih memahami informasi yang disampaikan secara step by step dengan tutorial dibandingkan hanya dengan ceramah saja. Peserta memutuskan untuk mendiskusikan branding yang menarik untuk dapat diterapkan di balkondes. Sehingga diharapkan branding ini dapat menjadi daya tarik dan daya jual yang baik. Tim berharap agar ilmu yang disampaikan dapat diterapkan untuk memajukan balkondes, apalagi terkait pemasaran dan branding. Hal ini bertujuan untuk menjadikan balkondes sebagai tujuan wisata yang berdaya tarik. Sehingga dapat meningkatkan potensi untuk kemajuan balkondes seterusnya.


Kata kunci: SEO, Content Marketing, Branding, Pemasaran Digital

Published
Mar 21, 2024
How to Cite
VERAWATI, Dian Marlina; HUTAJULU, Dinar Melani; ERAWATI, Novi. PELATIHAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO), CONTENT MARKETING, DAN BRANDING UNTUK PENINGKATAN POTENSI BALKONDES NGARGOGONDO. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 5-9, mar. 2024. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/466>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v8i1.466.
Section
Articles