PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK DI DESA MERAK BELANTUNG SEBAGAI SALAH SATU WUJUD PELAKSANAAN DESA RAMAH PEREMPUAN DAN PEDULI ANAK DI PROVINSI LAMPUNG

  • Emilia Susanti, Dona Raisa Monica, Firganefi, Diah Gustiniati, Nisa Gustiara Mahasiswa

Abstract

Perempuan dan anak adalah kelompok dalam masyarakat yang dalam mengoptimalkan potensinya masih sangat kecil, bahkan di beberapa daerah hal ini menjadi tabu. Keadaan tersebut sering memicu munculnya munculnya beberapa permasalahan antara lain; praktek diskriminasi dan kekerasan terhadap wanita dan anak, peran wanita yang terbatas hanya pada domestik, partisipasi wanita yang rendah pada bidang ekonomi dan politik, keterbatasan dalam mengakses pelayanan publik (kesehatan, pendidikan, pekerjaan). Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan tentang peran wanita dalam masyarakat, memberikan pengetahuan kepada wanita tentang tindak kekerasan yang sering terjadi terhadap wanita dan anak, memberikan pengetahuan tentang potensi desa guna meningkatkan kemandirian wanita di bidang ekonomi, memberikan pengetahuan tentang desa ramah perempuan dan anak. Tujuan Pengabdian ini diharapkan dapat memberikan impact Pemerintah Desa Merak Belantung khususnya kepada para ibu-ibu di Desa ini agar dapat mengupayakan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa dengan adanya Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang nantinya akan dapat meningkatkan kesetaraan dan keadilan Gender dalam keluarga. Kegiatan pengabdian dilakukan di Desa Merak Belantung Kecamatan Kalianda menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan jumlah peserta 20 perempuan yang terdiri dari umur 20 hingga 55 tahun. Dengan pengetahuan tentang peran perempuan, kekerasan dalam ranah domestic dan public serta di dukung potensi desa yang banyak maka Desa Krakitan diharapkan siap menjadi desa ramah perempuan dan peduli anak.

Published
Nov 20, 2023
How to Cite
NISA GUSTIARA, Emilia Susanti, Dona Raisa Monica, Firganefi, Diah Gustiniati,. PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK DI DESA MERAK BELANTUNG SEBAGAI SALAH SATU WUJUD PELAKSANAAN DESA RAMAH PEREMPUAN DAN PEDULI ANAK DI PROVINSI LAMPUNG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 199-204, nov. 2023. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/457>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v7i3.457.
Section
Articles