PENINGKATAN SISTEM TATA KELOLA ADMINISTRASI DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA MARGOSARI KECAMATAN METRO KIBANG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

  • Kris Ari Suryandari Universitas Lampung
  • Lilih Muflihah
  • Maulana Mukhlis

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat  dengan judul Peningkatan tata kelola admininstrasi desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas perangkat desa dalam mengelola administrasi desa. Pengelolaan administrasi desa merupakan salah satu masalah yang dihadapi di setiap desa terutama dalam hal penyajian data yang disebabkan kurangnya pemahaman perangkat desa tentang bagaimana mengelola data yang baik. Kurangnya perangkat desa yang profesional dalam bidang pengadministrasian dapat  membuat  desa  menjadi  desa  tertinggal.  Padahal  kesuksesan  pemerintah pusat   dalam   menjalankan   sistem   pemerintahan   tidak   terlepas   dari   peran pemerintah daerah,  dan  juga pemerintah desa,  karena desa  merupakan  bagian penting dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk meningkatkan manajemen pemerintahan desa perlu dilakukan penataan administrasi agar lebih efektif dan efisien. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang di  hadiri oleh  Kepala Desa, Sekertaris Desa, BPD, dan perangkat Desa Margosari cukup baik hal ini dapat dilihat dari hasil pre tes dan pos tes dalam kegiatan.

Published
Nov 20, 2023
How to Cite
SURYANDARI, Kris Ari; MUFLIHAH, Lilih; MUKHLIS, Maulana. PENINGKATAN SISTEM TATA KELOLA ADMINISTRASI DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA MARGOSARI KECAMATAN METRO KIBANG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 194-198, nov. 2023. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/450>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v7i3.450.
Section
Articles