PENINGKATAN PENGETAHUAN PENTINGNYA KESEHATAN BERSAMA DASIAT, POSYANDU LANSIA DAN POSYANDU REMAJA MUSA DESA GEDANGAN GROGOL SUKOHARJO MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

  • Nur Arifah Hidayati Politeknik Santo Pulus Surakarta

Abstract

Pandemi virus Covid-19 menjadikan masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan kebijakan transisi pandemi virus Covid-19 menjadi endemi virus Covid-19 bukan berarti telah bebas dari virus Covid-19 seutuhnya. Salah satu kegiatan yang masih gencar disosialisasikan yaitu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Kebutuhan akan hand sanitizer masih sangat tinggi dan umumnya harga hand sanitizer di pasaran cukup mahal. Selama ini masyarakat hanya sekedar menghetahui hand sanitizer dapat digunakan untuk membersihkan tangan dan membunuh kuman namun masih banyak masyarakat belum mengetahui bagaimana pembuatan hand sanitizert. Oleh karena itu diperlukan pelatihan pembuatan hand sanitizer untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan kepedulian terhadap pentingnya menjaga kesehatan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan di Balai Desa Gedangan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo dengan peserta kegiatan terdiri dari anggota Dasiat, Posyandu Lansia dan Posyandu Remaja Musa. Dalam kegiatan ini menggunakan tiga metode yaitu diagnostic test awal, metode ceramah dan diskusi, dan diakhiri dengan pelatihan pembuatan hand sanitizer. Indikator keberhasilan dari kegiatan ini yaitu posttest, didapatkan hasil adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta dan diharapkan juga melalui pelatihan ini peserta mampu membuat produk hand sanitizer sendiri guna menjaga kebersihan serta kesehatan diri maupun lingkungan.

Published
Nov 20, 2023
How to Cite
HIDAYATI, Nur Arifah. PENINGKATAN PENGETAHUAN PENTINGNYA KESEHATAN BERSAMA DASIAT, POSYANDU LANSIA DAN POSYANDU REMAJA MUSA DESA GEDANGAN GROGOL SUKOHARJO MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN HAND SANITIZER. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 187-189, nov. 2023. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/447>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v7i3.447.
Section
Articles