Sekolah Lapang Pemanfaatan Kompos Limbah Buah Kakao dan Bonggol Pisang di Perkebunan Kakao di Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus

  • Dr. Ir. Rusdi Evizal, M.S. Fakultas Pertanian Universitas Lampung
  • Agus M. Hariri Jurusan Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Lampung
  • Muhammad Nurdin Jurusan Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Lampung
  • I Gede Swibawa Jurusan Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Lampung
  • Sugiatno Sugiatno Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lampung
  • Fembriarti Erry Prasmatiwi Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lampung

Abstract

Limbah kulit buah kakao yang dibiarkan membusuk di kebun menimbulkan masalah sanitasi kebun kakao. Pisang merupakan tanaman tumpangsari utama di perkebunan kakao di Lampung dan bonggolnya merupakan limbah pada penjarangan tanaman pisang. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam pembuatan dan pemanfaatan kompos limbah kulit buah kakao dan bonggol pisang di perkebunan kakao. Kegiatan ini yang dilaksanakan di Desa Sidomulyo Kecamatan Air Naningan, menerapkan metode sekolah lapangan sehingga memerlukan jadwal pertemuan sesuai dengan topik yang disepakati. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah terlaksana dengan lancar, mendapat dukungan  petani, dan menawarkan soluasi terkait dengan sanitasi kebun kakao, pemanfaatan limbah buah kakao dan bonggol pisang, dan penyediaan bahan organik untuk mengkonservasi kesuburan tanah dan kesehatan agroekosistem. Kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani terkait topik pembuatan dan pemanfaatan kompos. Hasil post-test wawancara menunjukkan 90-100% peserta mampu menjawab pertanyaan.


 


Kata kunci: Agroekosistem, bonggol pisang, biochar, kompos, kulit buah kakao, sanitasi, sekolah lapang

Published
Nov 20, 2023
How to Cite
EVIZAL, M.S., Dr. Ir. Rusdi et al. Sekolah Lapang Pemanfaatan Kompos Limbah Buah Kakao dan Bonggol Pisang di Perkebunan Kakao di Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 142-145, nov. 2023. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/444>. Date accessed: 11 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v7i3.444.
Section
Articles