PENYULUHAN PENGENALAN BIOTA DAN LINGKUNGAN LAUT DI SDN 61 GRESIK-JAWA TIMUR

Authors

  • Ary Giri Dwi Kartika Universitas Trunojoyo Madura
  • Eka Nurrahema Ning Asih Universitas Trunojoyo Madura
  • Nike Ika Nuzula Universitas Trunojoyo Madura
  • Kartika Dewi Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.23960/jss.v7i3.438
Abstract viewed = 62 times

Keywords:

penyuluhan, biota dan lingkungan laut, SDN 61 Gresik-Jawa Timur

Abstract

Peran ekosistem laut untuk menunjang sektor kelautan dan perikanan di Indonesia disuplay dari 3 ekosistem penting di laut yaitu ekosistem terumbu karang, ekosistem lamun dan ekosistem mangrove. Biota laut dan lingkungannya merupakan 2 parameter penting yang memiliki hubungan simbiosis saling membutuhkan. Beranekaragamnya jenis-jenis biota yang ada di laut perlu dikenalkan pada generasi muda Indonesia sejak dini khususnya kepada siswa siswi SDN 61 Gresik- Jawa Timur. Tujuan kegiatan penyuluhan ini adalah untuk mengenalkan biota dan lingkungan laut di SDN 61 Gresik- Jawa Timur untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian siswa siswi untuk peduli terhadap lingkungan laut khususnya di sekitar perairan Gresik- Jawa Timur. Metode pelaksanaan kegiatan penyuluhan dilakukan dengan cara ceramah, praktik, storytelling, dan aksi teatrikal. Kegiatan penyuluhan pengenalan biota dan lingkungan laut dihadiri oleh siswa kelas 4-6 SDN 61 Gresik sejumlah sekitar 52 orang Hasil kegiatan penyuluhan menunjukkan antusiasme peserta, yang merupakan siswa/siswi kelas 4-6 SDN 61 Gresik, terhadap materi yang diberikan terutama pada sesi praktik dan story telling. Melalui kegiatan penyuluhan, peserta mendapatkan pengetahuan terkait lingkungan dan biota laut yang dilindungi beserta pelestariannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Kartika, A. G. D., Asih, E. N. N., Nuzula, N. I., & Dewi, K. (2023). PENYULUHAN PENGENALAN BIOTA DAN LINGKUNGAN LAUT DI SDN 61 GRESIK-JAWA TIMUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 7(3), 169–174. https://doi.org/10.23960/jss.v7i3.438

Issue

Section

Articles