PELATIHAN IDENTIFIKASI NORMALLY OPEN DAN NORMALLY CLOSE UNTUK MEMPERMUDAH INSTALASI MOTOR LISTRIK TIGA FASA DI SMK NEGERI 1 GADINGREJO

  • ubaidah ubaidah Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Yudi Eka Putra Universitas Muhammadiyah Lampung

Abstract

Normally Open (NO) dan Normally Close (NC) adalah terminal penting yang harus dipahami dalam instalasi system berbasis Industri salah satunya adalah instalasi motor listrik 3 fasa. Melalui observasi yang dilakukan pada tanggal 19 Mei 2023 di SMK Negeri 1 Gadingrejo bahwa masih banyak siswa yang belum memahami cara mengidentifikasi terminal NO dan NC sehingga berakibat kesulitan dalam pengawatan instalasi motor listrik tiga fasa forward-reverse. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian kegiatan masyarakat yang dilakukan oleh tim Abdimas Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) dihadirkan pelatihan identifikasi terminal NO dan NC untuk mempermudah instalasi motor listrik tiga fasa. Dengan adanya pelatihan ini, peserta pelatihan dapat mengidentifikasi NO dan NC dalam keadaan alat mempunyai ataupun tidak mempunyai nameplate. Apabila keterangan pada peralatan sudah hilang karena factor pemakaian, peserta pelatihan bisa mengidentifikasi dalam proses pengkabelan instalasi motor listrik.

Published
Jul 14, 2023
How to Cite
UBAIDAH, ubaidah; EKA PUTRA, Yudi. PELATIHAN IDENTIFIKASI NORMALLY OPEN DAN NORMALLY CLOSE UNTUK MEMPERMUDAH INSTALASI MOTOR LISTRIK TIGA FASA DI SMK NEGERI 1 GADINGREJO. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 121-125, july 2023. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/436>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v7i2.436.
Section
Articles