Penerapan Teknologi Vakum Sealer Sebagai Upaya Optimalisasi Pengemasan Produk Olahan Ikan Teri di Desa Maja Kalianda Lampung Selatan

  • Anisa Ulya Darajat Teknik Elektro Universitas Lampung
  • Umi Murdika
  • Ageng Sadnowo Repelianto
  • Titin Yulianti
  • Herlinawati Herlinawati

Abstract

Desa Maja Bakauheni yang terletak di pinggir pantai Kalianda merupakan desa yang penduduknya mayoritas memiliki profesi sebagai nelayan, pekerjaan lain dari nelayan selain menangkap ikan juga mengolah hasil tangkapan ikan menjadi produk makanan yang biasanya dijual dalam bentuk kemasan. Pengemasan produk yang dilakukan di Desa Maja masih menggunakan teknik tradisional, hal ini kurang efektif untuk menjaga ketahanan produk olahan ikan dan kurang menarik minat pembeli. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian kegiatan masyarakat yang dilakukan oleh tim Abdimas Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung ini akan dihadirkan teknologi sealer untuk membantu mitra nelayan dalam mengemas produk agar menjadi lebih tahan lama dengan teknologi vakum dan juga dengan kemasan yang lebih menarik pembeli. Dari evaluasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan dampak positif kepada mitra nelayan yaitu mitra mengetahui teknologi vakum sealer ini dan mampu menggunakannya untuk mengemas produk olahan ikan teri agar hasil kemasan lebih optimal dan meningkatkan produktifitas di Desa Maja Kalianda Lampung selatan.

Published
Mar 20, 2023
How to Cite
DARAJAT, Anisa Ulya et al. Penerapan Teknologi Vakum Sealer Sebagai Upaya Optimalisasi Pengemasan Produk Olahan Ikan Teri di Desa Maja Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 4-8, mar. 2023. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/421>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v7i1.421.
Section
Articles