PERBAIKAN KUALITAS BATA MERAH PRODUKSI INDUSTRI KECIL DAN RUMAH TANGGA DI DESA KARANG ANYAR KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

  • Muhammad Karami Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran untuk memenuhi standard bata merah, memberikan pengetahuan tentang standard bata merah, melakukan pendampingan dalam memproduksi bata merah yang sesuai dengan standard dan meningkatkan mutu bata merah kepada masyarakat pengrajin bata merah di Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Metode pengabdian berupa partisipasi masyarakat dengan indikator kesertaan masyarakat dalam kegiatan melalui sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan pembinaan. Sosialisasi yang dilakukan meliputi syarat mutu bata merah sesuai dengan standard nasional Indonesia (SNI), bahan tambah (zat aditif) dan manfaat bahan tambah yang akan digunakan untuk meningkatkan mutu bata merah serta manfaat ekonomi bagi pengrajin bata merah. Pelatihan dilaksanakan setelah kegiatan sosialisasi selesai dilaksanakan meliputi persiapan alat dan bahan yang akan digunakan serta simulasi proses pencampuran bahan tambah dengan tanah, pemadatan dan pencetakan bata merah serta pengeringan bata merah. Setelah melaksanakan pelatihan, maka warga pengrajin bata merah memproduksi bata merah dengan bahan tanah yang telah dicampur dengan bahan tambah dengan proses produksi sesuai dengan apa yang telah dilakukan saat kegiatan pelatihan. Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan cara secara berkala melakukan kunjungan ke lokasi produksi, mengawasi proses pencampuran zat aditif dan mengambil sampel produk bata merah untuk diuji kuat tekan di Laboratorium Bahan dan Konstruksi, Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Published
Mar 20, 2023
How to Cite
KARAMI, Muhammad. PERBAIKAN KUALITAS BATA MERAH PRODUKSI INDUSTRI KECIL DAN RUMAH TANGGA DI DESA KARANG ANYAR KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 50-54, mar. 2023. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/397>. Date accessed: 06 june 2023. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v7i1.397.
Section
Articles