Pelatihan Penggunaan Alat Pencacah Plastik Sebagai Sarana Pendukung Program Bank Sampah di Sekolah Alam Lampung

  • Herti Utami Universitas Lampung
  • Yuli Darni
  • Lia Lismeri
  • Nandi Haerudin
  • Citra Persada

Abstract

Telah dilaksanakan Pengabdian Kepada Masayarakat di Sekolah Alam Lampung yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha pengelolaan sampah plastik agar menghasilkan produk dengan nilai ekonomis lebih tinggi. Dengan rancangan alat pencacah plastik yang dibuat, siswa di sekolah alam Lampung juga dapat belajar bagaimana cara kerja sebuah mesin pencacah plastik. Kegiatan ini akan memberi dampak langsung terhadap usaha penanganan limbah plastik. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini meliputi sosialisasi pengelolaan sampah dan pelatihan penggunaan alat pencacah sampah plastik. Dalam sosialisasi akan dijelaskan secara singkat tentang pemanfaatan dan penanganan sampah plastik. Pelatihan diberikan kepada guru-guru, siswa dan staff Mitra tentang cara penggunaan alat pencacah plastik. Kemuidan, diberikan satu buah alat pencacah plastik hasil rancangan tim pengabdian dan gambar bagian-bagian alat untuk sarana pembelajaran siswa Sekolah Alam Lampung. Harapannya, setelah Kegiatan dilakukan di Sekolah Alam Lampung, kemudian dari mereka akan disebarkan kepada masyarakat sekitarnya. Hasil akhir yang dicapa, Mitra telah dapat menggunakan alat pencacah plastik untuk meningkatkan efesiensi penanganan sampah plastik dan meningkatkan nilai ekonomisnya. Hal ini dapat dikatakan sebagai kegiatan dukungan positif terhadap salah satu program pemerintah dalam menjaga lingkungan hidup dan upaya minimasi limbah.

Published
Mar 20, 2023
How to Cite
UTAMI, Herti et al. Pelatihan Penggunaan Alat Pencacah Plastik Sebagai Sarana Pendukung Program Bank Sampah di Sekolah Alam Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 28-31, mar. 2023. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/377>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v7i1.377.
Section
Articles