Strategi Pembinaan Akhlak STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK MELALUI METODE TA’WIDIYAH DAN MAU’IZAH PADA ANAK-ANAK DI PENGAJIAN AL- HIKMAH DESA BENTENG

Penelitian Terhadap anak - anak di pengajian Al - Hikmah Desa Benteng

  • Nurul Karomah STAI DR. KH. EZ Muttaqien

Abstract

Pengabdian ini tentang strategi pembinaan akhlak pada anak di pengajian Al- Hikmah yang dilatarbelakangi karena belum optimalnya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di Pengajian Al-Hikmah. Anak-anak hanya mengaji terkait Al-Qur’an saja tidak diberikan pembinaan akhlak dan dalam pelaksanaanya jarang didampingi oleh guru. Dengan demikian akhlak anak-anak menjadi kurang baik, dilihat dengan sebagian anak yang tidak memiliki sopan santun ketika bertemu dengan guru, maupun  orang lain.   Bahkan anak-anak tidak sopan santun ketika berbicara dihadapan orang lain.  Berdasarkan hal ini maka dirasa penting untuk melakukan pembinaan akhlak. Dengan demikian, pengabdian ini diharapkan dapat membina akhlak di pengajian Al-Hikmah desa Benteng. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain Participatori Action Research (PAR) dengan pendekatan Deskritif-kualitatif. Secara sistematis penelitian ini  dilaksanakan dengan cara menganalisis masalah, melakukan tindakan dan menganalisis hasil tindakan. Hasil pengabdian ini diharapkan bisa memberikan manfaat kepada anak anak di pengajian Al-Hikmah berupa peningkatan kualitas akhlak anak-anak

Published
Jul 31, 2022
How to Cite
KAROMAH, Nurul. Strategi Pembinaan Akhlak STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK MELALUI METODE TA’WIDIYAH DAN MAU’IZAH PADA ANAK-ANAK DI PENGAJIAN AL- HIKMAH DESA BENTENG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 114-117, july 2022. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/367>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v6i2.367.
Section
Articles