Strategi Pembinaan Akhlak STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK MELALUI METODE TA’WIDIYAH DAN MAU’IZAH PADA ANAK-ANAK DI PENGAJIAN AL- HIKMAH DESA BENTENG
Penelitian Terhadap anak - anak di pengajian Al - Hikmah Desa Benteng
Abstract
Pengabdian ini tentang strategi pembinaan akhlak pada anak di pengajian Al- Hikmah yang dilatarbelakangi karena belum optimalnya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di Pengajian Al-Hikmah. Anak-anak hanya mengaji terkait Al-Qur’an saja tidak diberikan pembinaan akhlak dan dalam pelaksanaanya jarang didampingi oleh guru. Dengan demikian akhlak anak-anak menjadi kurang baik, dilihat dengan sebagian anak yang tidak memiliki sopan santun ketika bertemu dengan guru, maupun orang lain. Bahkan anak-anak tidak sopan santun ketika berbicara dihadapan orang lain. Berdasarkan hal ini maka dirasa penting untuk melakukan pembinaan akhlak. Dengan demikian, pengabdian ini diharapkan dapat membina akhlak di pengajian Al-Hikmah desa Benteng. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain Participatori Action Research (PAR) dengan pendekatan Deskritif-kualitatif. Secara sistematis penelitian ini dilaksanakan dengan cara menganalisis masalah, melakukan tindakan dan menganalisis hasil tindakan. Hasil pengabdian ini diharapkan bisa memberikan manfaat kepada anak anak di pengajian Al-Hikmah berupa peningkatan kualitas akhlak anak-anak