PENINGKATAN KAPASITAS PEMERINTAHAN DESA DALAM PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI PELAYANAN MASYARAKAT DI DESA KALIREJO KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN

  • Tabah Maryanah Unila

Abstract

Desa atau sebutan lainnya merupakan unit terendah dari hierarki pemerintahan di Indonesia. Keberhasilan tata kelola pemerintah desa memberikan sumbangan yang besar terhadap keberhasilan tata kelola pemerintahan secara keseluruhan. Hal ini karena jumlah desa yang sangat banyak dan mayoritas penduduk Indonesia tinggal di desa. Keberhasilan tata kelola pemerintahan salah satunya desa ditentukan oleh kapasitas pemerintah desa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa. Sasaran kegiatan ini adalah kepala desa dan aparat desa. Metode pengabdian adalah focus group discussion. Berdasarkan diskusi selama proses pengabdian serta tes awal dan tes akhir menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kapasitas pemerintah desa dalam hal pemahaman atas tugas dan fungsi tiap-tiap komponen pemerintah desa. Selain itu pemerintah desa lebih siap menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi dalam rangka memberikan layanan kepada warga desa.

Published
Jan 5, 2023
How to Cite
MARYANAH, Tabah. PENINGKATAN KAPASITAS PEMERINTAHAN DESA DALAM PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI PELAYANAN MASYARAKAT DI DESA KALIREJO KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 184 - 189, jan. 2023. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/352>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v6i3.352.
Section
Articles