EDUKASI MASYARAKAT DAN PELATIHAN KADER DALAM PENCEGAHAN SERTA PEMERIKSAAN MALARIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MAJA KABUPATEN PESAWARAN

  • Filia Yuniza Politeknik Kesehatan Tanjungkarang
  • Misbahul Huda Jurusan Analis Kesehatan, Politeknik Kesehatan Tanjungkarang
  • Marhamah Marhamah Jurusan Analis Kesehatan, Politeknik Kesehatan Tanjungkarang

Abstract

Puskesmas Maja merupakan salah satu puskesmas dengan angka kasus malaria tertinggi di Kabupaten Pesawaran. Beberapa penyebab tingginya kasus malaria di wilayah kerja Puskesmas tersebut antara lain letaknya yang dekat dengan pantai, banyaknya lokasi tambak tidak terurus yang menjadi sumber perindukan nyamuk, kurangnya pengetahuan kader tentang penyakit malaria dan kurangnya kesadaran masyarakat akan cara pencegahan penyakit malaria. Selain itu, pemegang program malaria juga menganggap perlu dilakukan percepatan penemuan kasus baru malaria, sehingga dipandang perlu ada upaya untuk meningkatkan kemampuan kader untuk melakukan pemeriksaan malaria. Tim Pengabdian kepada Masyarakat Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang, berupaya untuk melakukan edukasi masyarakat dan pelatihan kader sebagai upaya pencegahan serta pemberantasan malaria di wilayah kerja Puskesmas Maja. Kegiatan edukasi dan pelatihan, dilakukan pada bulan April – Juni 2021. Metode pengabdian yang dilakukan berupa penyuluhan masyarakat, pelatihan kader, pemberian perlengkapan untuk memutus mata rantai penyebaran malaria, praktek pemasangan kawat nyamuk pada ventilasi, serta pengenalan dan pemberian contoh tanaman pengusir nyamuk. Hasil pengabdian menunjukan adanya kenaikan pemahaman dan pengetahuan peserta yang signifikan. Kenaikan ini dinilai sangat baik, karena peserta menunjukan antusiasme dan penerimaan yang baik terhadap kegiatan yang dilakukan.

Published
Jul 31, 2022
How to Cite
YUNIZA, Filia; HUDA, Misbahul; MARHAMAH, Marhamah. EDUKASI MASYARAKAT DAN PELATIHAN KADER DALAM PENCEGAHAN SERTA PEMERIKSAAN MALARIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MAJA KABUPATEN PESAWARAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 132-136, july 2022. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/348>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v6i2.348.
Section
Articles