DISEMINASI BIOTEKNOLOGI HIJAUAN PAKAN DAN FORMULASI PAKAN DI DESA MARGOMULYO KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

  • Farida Fathul Universitas Lampung
  • Muhtarudin Muhtarudin Universitas Lampung
  • Erwanto Erwanto Universitas Lampung
  • Syahrio Tantalo Universitas Lampung

Abstract

Desa Margomulyo salah satu desa di Kecamatan Jati Agung dengan matapencaharian utama dalah bertani dan beternak. Potensi lahan pertanian dan peternakan cukup luas. Namun, permasalahan yang terjadi hingga saat ini adalah budaya   beternak   di   Desa   Margomulyo   yang   masih   menggunakan   sistem tradisional. Persoalan utama yang menjadi prioritas Peternak di Desa Margomulyo adalah kemampuan peternak untuk menyusun ransum pakan sapi potong masih rendah,   pemanfaatan teknologi pengolahan pakan untuk meningkatkan kualitas nutrisi makanan ternak masih rendah, serta usaha peternakan yang belum mampu mendongkrak perekonomian peternak.Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Margomulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan yang dilakukan antara lain adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan teknik pembuatan ransum sapi potong berbasis sumber daya pakan lokal, memberikan penyuluhan pembuatan silase dan amoniasi untuk limbah pertanian, memberikan penyuluhan tentang strategi usaha bidang peternakan. Kegiatan yang akan dilaksanakan menggunakan metode  Participation  Rural  Apraisal   (PRA). Hasil kegiatan yang diperoleh yaitu sebelum dilakukan kegiatan tingkat pengetahuan peternak tentang jenis dan kebutuhan pakan adalah 25,7%, pengetahuan tentang penyusunan ransum sebelum dilakukan kegiatan pengabdian terdata 11,4%,  pengetahuan peternak tentang pengawetan pakan hijauan 13,8% dan pengetahuan peternak tentang perbaikan kualitas limbah pertanian sebelum dilakukan kegiatan pengabdian terdata 13,1%. Setelah kegiatan dilakukan masing-masing meningkat menjadi, 63,2%, 52,6%, 34,2%, dan  47,3%. Disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak di Desa Margomulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.


 


Kata kunci: Desa Margomulyo, Formulasi Pakan, Jati Agung

Published
Mar 30, 2022
How to Cite
FATHUL, Farida et al. DISEMINASI BIOTEKNOLOGI HIJAUAN PAKAN DAN FORMULASI PAKAN DI DESA MARGOMULYO KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 40-43, mar. 2022. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/336>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v6i1.336.
Section
Articles