DISEMINASI TEKNOLOGI BUDIDAYA IKAN DAN SAYURAN ORGANIK DENGAN "FLOATING RAFT AQUAPONIC SYSTEM" PADA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN DI KECAMATAN JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN

  • Putu Cinthia Delis Universitas Lampung

Abstract

Akuaponik merupakan sistem budidaya yang memadukan sub sistem akuakultur dengan sub sistem hidroponik.Sasaran dari program ini adalah mitra kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) Mandiri Sentosa di Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan. Permasalahan prioritas yang terjadi adalah pengelolaan air budidaya yang belum baik sehingga akan mengurangi ketersediaan air bersih. Program ini memiliki tujuan; (1) meningkatkan keterampilan kelompok  mitra, (2) meningkatkan produktivitas hasil budidaya ikan (tidak terserang penyakit (3) membangun  kemitraan  dan  kerjasama  yang  efektif  antara  Perguruan  Tinggi  dengan kelompok, (4) mengembangkan pola pemberdayaan kolaboratif. Metode yang digunakan survei, pelatihan, denplot teknologi akuaponik,  pendampingan, dan evaluasi keberhasilan program. Kegiatan pengabdian memperoleh hasil sebagai berikut : (1) Adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan kelompok mitra dalam penerapan teknologi akuaponik hingga 95%,  (2) Adanya peningkatan kualitas ikan budidaya, ditunjukkan dengan kondisi ikan yang sehat dan kualitas air budidaya yang baik. (3) Peningkatan hasil produksi kelompok mitra yang sebelumnya hanya berasal dari panen ikan, meningkat dengan ditambah dari hasil panen sayur organik. (4) Terciptanya kemitraan dan kerjasama yang efektif antara Perguruan Tinggi dengan kelompok masyarakat di Kecamatan Jati Agung, khususnya kelompok mitra Mandiri Sentosa. Diharapakan kegiatan ini dapat terus dilanjutkan oleh kelompok mitra dan diterapkan di lingkungan masyarakat sekitar.

Published
Mar 30, 2022
How to Cite
DELIS, Putu Cinthia. DISEMINASI TEKNOLOGI BUDIDAYA IKAN DAN SAYURAN ORGANIK DENGAN "FLOATING RAFT AQUAPONIC SYSTEM" PADA KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN DI KECAMATAN JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 12-16, mar. 2022. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/322>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v6i1.322.
Section
Articles