Pelatihan Bahasa Inggris Toefl-Like Test Bagi Siswa SMAN 4 Bandar Lampung

  • Gede Eka Putrawan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Lampung, Bandar Lampung

Abstract

Abstract. This community service was carried out through a training entitled TOEFL-Like Test Training for High School Students of SMAN 4 Bandar Lampung. This activity was aimed at training the students to comprehend TOEFL Listening section through the implementation of discussion and question-answer methods with practices, and at providing insight to them about tips and strategies to deal with listening section of TOEFL test to increase their TOEFL score. There were 26 participants participating in the training. The procedures for dealing with the activity included a pretest, discussion on theories, practices, and a posttest as an instrument which was used to evaluate the result of the community service. The results showed that there was a difference in the students’ understanding on TOEFL-like listening section before and after the training. The pretest result showed that the maximum score for the TOEFL-like for listening section was 480, the average score was 378.5, and the minimum was 310, meanwhile the posttest result showed that the maximum score for the TOEFL-like test for listening section was 510, the average score was 433.2, and the minimum was 370. Thus, it can be said that this community service on the training of TOEFL-like Test for Listening Section conducted in SMAN 4 Bandar Lampung was successful which can be seen from the increase of the TOEFL-like for listening section scores before and after the training was held.


Keywords: TOEFL-like Test, Listening Section, English 


Abstrak. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui sebuah kegiatan yang berjudul Pelatihan Bahasa Inggris TOEFL-Like Test Siswa SMAN 4 Bandar Lampung. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih keterampilan listening (mendengar dan menyimak) yang ada pada Listening Section tes TOEFL dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan metode diskusi, tanya jawab, dan praktik. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan wawasan kepada para siswa mengenai cara mudah serta kiat dan tips saat menghadapi soal listening dalam TOEFL dengan tujuan dapat meningkatkan nilai TOEFL siswa. Peserta yang menjadi sasaran pelatihan ini terdiri dari 26 siswa. Prosedur kegiatan ini meliputi pemberian pre-test bagi peserta, diskusi teori dan praktik, dan pemberian post-test sebagai instrumen yang akan digunakan untuk mengevaluasi hasil kegiatan pengabdian ini. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pemahaman siswa peserta pelatihan sebelum dan setelah diberikan pelatihan. Hasil pre-test menunjukkan bahwa skor maksimal untuk TOEFL-Like Listening Section siswa peserta adalah 480, skor rerata 378.5, dan skor minimal 310. Sedangkan, hasil post-test menunjukkan bahwa skor maksimal untuk TOEFL-Like Listening Section siswa peserta adalah 510, skor rerata 433.2, dan skor minimal 370. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pelatihan TOEFL-Like Test Listening Section yang dilakukan di SMA Negeri 4 Bandar Lampung berhasil. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor TOEFL-Like Test Listening Section para siswa peserta pelatihan.


Kata kunci: TOEFL-like Test, Listening, Bahasa Inggris



Published
Jan 10, 2018
How to Cite
PUTRAWAN, Gede Eka. Pelatihan Bahasa Inggris Toefl-Like Test Bagi Siswa SMAN 4 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 122-128, jan. 2018. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/32>. Date accessed: 29 mar. 2024.