PELATIHAN PENGISIAN FORMULIR APLIKASI INSINYUR PROFESIONAL (FAIP) SECARA ONLINE BAGI ANGGOTA PERSATUAN INSINYUR INDONESIA (PII) WILAYAH LAMPUNG

  • DIKPRIDE DESPA UNIVERSITAS LAMPUNG
  • Ratna Widyawati Program Profesi Insinyur Universitas Lampung, Bandar Lampung
  • Trisya Septiana Teknik Informatika, Universitas Lampung, Bandar Lampung http://orcid.org/0000-0001-8183-0580

Abstract

Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP) merupakan formulir isian yang terdiri dari pengalaman kerja dalam bentuk uraian kegiatan dan dinilai pada klaim kompetensi yang diajukan. FAIP menjadi salah satu syarat dalam mendapatkan Sertifikasi Insinyur Profesional. Saat ini FAIP tidak lagi diajukan secara konvensional oleh para calon Insinyur Profesional namun telah terintegrasi melalui aplikasi (Sistem Informasi Manajemen Persatuan Insinyur Indonesia) melalui website Persatuan insinyur Indonesia (PII) yang dikenal dengan aplikasi SIMPONI. Ketidaktahuan para Insinyur tentang Undang Undang keinsinyuran dan kurangnya pengetahuan teknik pengisian Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP) secara Online melalui Aplikasi SIMPoNI adalah permasalahan yang mendasar yang menyebabkan rendahnya minat para Insinyur untuk mengisi FAIP dalam rangka memperoleh Sertifikat Insinyur Profesional (SIP) dan Surat Tanda Registrasi Insinur (STRI). Kegiatan ini merupakan wujud nyata Unila khususnya Ps.PPI Unila dalam rangka memberikan sumbangsihnya kepada para Insinyur yang dalam hal ini anggota PII Wilayah Lampung untuk berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan profesionalisme keinsinyuran untuk kemajuan Bangsa dan Negara. Salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mengis FAIP secara Online dan menambah jumlah anggota PII wilayah Lampung yang memiliki SIP dan STRI sesuai amanat UU no 11 Tahun 2014 agar bisa berpraktek ke Insinyuran secara legal dan profesional.

Published
Mar 30, 2022
How to Cite
DESPA, DIKPRIDE; WIDYAWATI, Ratna; SEPTIANA, Trisya. PELATIHAN PENGISIAN FORMULIR APLIKASI INSINYUR PROFESIONAL (FAIP) SECARA ONLINE BAGI ANGGOTA PERSATUAN INSINYUR INDONESIA (PII) WILAYAH LAMPUNG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 7-11, mar. 2022. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/310>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v6i1.310.
Section
Articles