PENDIDIKAN KONSERVASI BADAK SUMATRA DAN JAWA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PANDEGLANG, PROVINSI BANTEN

  • Nur Arif Rohman Magister Kehutanan Unila
  • Bainah Sari Dewi

Abstract

Sumberdaya hutan di Indonesia sebagai bagian dari Megabiodiversity Country perlu dikonservasi. Pengabdian Kepada Masyarakat adalah bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi dalam memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendididikan Konservasi merupakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk pengupayaan perlindungan, pemanfaatan dan pengawetan sumberdaya hutan dalam kepentingan generasi sekarang ke generasi masa datang. Pengupayaan kegiatan konservasi dilakukan di habitat asli maupun bukan aslinya, seperti halnya konservasi Badak yang ada di Taman Nasional. Tim Konservasi Universitas Lampung, Magister Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Peer Group KSDH, Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Himasylva, Persatuan Sarjana Kehutanan Indonesia DPD Lampung, Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) dan SMK Negeri 3 Pandeglang Provinsi Banten memiliki upaya melaksanakan Pendidikan Konservasi untuk pelestarian konservasi Badak Sumatra dan Badak Jawa yang dilindungi ini. Kegiatan pendidikan konservasi dilakukan pada bulan Mei hingga Juni 2021 dan puncak pelaksanaan pada hari Senin tanggal 14 Juni 2021 dengan metode pengabdiannya berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab serta lomba poster. Peningkatan pemahaman peserta naik sebesar 35%. Presentase kenaikan dinilai sangat baik, karena semangat yang tinggi dari peserta dalam mengikuti kegiatan pendidikan konservasi dalam meningkatkan pemahaman tentang konsep konservasi  dan pentingnya konservasi Badak Sumatra dan Badak Jawa tercapai.

Published
Nov 30, 2021
How to Cite
ROHMAN, Nur Arif; DEWI, Bainah Sari. PENDIDIKAN KONSERVASI BADAK SUMATRA DAN JAWA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PANDEGLANG, PROVINSI BANTEN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 182—187, nov. 2021. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/300>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v5i3.300.
Section
Articles