PELATIHAN BUDIDAYA CACING SUTERA UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DESA FAJAR BARU, LAMPUNG SELATAN

  • Rindu Rika Gamayuni Jurusan Akuntansi Universitas Lampung, Bandar Lampung Jl. Prof. Sumantri Brojonegoro No.1 Bandar Lampung 35145

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini ditujukan pada kelompok Tani Fajar III yang berada di Dusun III A,  Desa Fajar Baru, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Warga kelompok tani ini mayoritas memiliki pekerjaan sebagai petani penggarap padi di sawah. Usaha budidaya cacing sutera ini memiliki banyak keuntungan antaralain bisa menjadi penghasilan tambahan bagi warga yang sangat menguntungkan karena tingkat kebutuhan cacing sutera yang tinggi sebagai pakan untuk pembenihan ikan. Cacing sutera juga bisa untuk pakan ternak lainnya seperti ayam dan bebek, atau bahan pembuat kosmetik.


Usaha sampingan ini sangat tepat bagi petani karena keuntungan yang cukup tinggi dengan modal operasional yang kecil. Namun petani saat ini belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk budidaya cacing sutera. Target yang ingin dicapai adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani dalam budidaya cacing sutera, dapat memperoleh keuntungan maksimal dengan harga jual yang tepat, serta dapat memasarkannya dengan maksimal. Diharapkan dusun ini menjadi pusat budidaya dan penghasil cacing sutera yang bisa memenuhi kebutuhan di Lampung dan daerah lainnya di Indonesia.


Solusi dan metode untuk menyelesaikan permasalahan tersebut antaralain dengan memberikan pengetahuan dan  pelatihan bagaimana cara budidaya cacing sutera yang tepat dan menguntungkan, cara menentukan harga jual, menghitung modal dan keuntungan, serta bagaimana pemasarannya. Disamping itu juga dilakukan praktek langsung dan pendampingan budidaya cacing sutera mulai dari tahap pembuatan media ternak, pembibitan cacing sutera, dan dievaluasi sampai dengan proses panen cacing sutera sehingga siap dipasarkan. Budidaya cacing sutera ini diharapkan dapat sebagai tambahan penghasilan warga, dan diharapkan banyak warga yang tertarik melakukan usaha ini  sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa.


 


Kata Kunci:  budidaya cacing sutera,  pakan bibit ikan, harga jual, pemasaran

Published
Jul 30, 2021
How to Cite
GAMAYUNI, Rindu Rika. PELATIHAN BUDIDAYA CACING SUTERA UNTUK PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DESA FAJAR BARU, LAMPUNG SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 106-110, july 2021. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/299>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v5i2.299.
Section
Articles