PRAKTIK PENULISAN FEATUR DALAM MEMBANGUN LITERASI PADA ANAK-ANAK DI RPTRA MALINJO JAKARTA SELATAN

  • Dwi Kartikawati Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional Jakarta Jl. Sawo Manila Pasar Minggu Jakarta Selatan

Abstract

Ketrampilan menulis jurnalistik perlu dikenalkan kepada anak-anak sekolah , supaya dapat mengembangkan   kreatifitas mereka . Bentuk tulisan jurnalistik  yang dimaksud adalah  feature. Dengan feature  kita menginformasikan segala sesuatu, baik itu fakta, data, maupun peristiwa, termasuk pendapat dan pandangan tentang berbagai macam hal dengan tujuan memberikan pemahaman atau edukasi terhadap berbagai hal yang terjadi di sekitar kita. dan dapat membangun literasi.. Kegiatan praktik penulisan ini ditujukan kepada Anak-anak di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Malinjo Pejaten Jakarta Selatan.  Hasil dari kegiatan  pengabdian masyarakat mengenai praktik penulisan ini menunjukan antusiasme tinggi karena  anak anak langsung mengaplikasikan tulisan mereka melalui internet. Dengan kegiatan ini  anak-anak diharapkan  mampu menjadi agen agen perubahan untuk hal-hal yang positif di masa depan, dengan mengembangkan  kreatifitas dalam menulis sehingga kemampuan literasi mereka meningkat.


 


Kata kunci:  Praktik, Penulisan, Feature, Literasi

Published
Jul 30, 2021
How to Cite
KARTIKAWATI, Dwi. PRAKTIK PENULISAN FEATUR DALAM MEMBANGUN LITERASI PADA ANAK-ANAK DI RPTRA MALINJO JAKARTA SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 88-92, july 2021. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/297>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v5i2.297.
Section
Articles