PRAKTIK PENULISAN FEATUR DALAM MEMBANGUN LITERASI PADA ANAK-ANAK DI RPTRA MALINJO JAKARTA SELATAN
Abstract
Ketrampilan menulis jurnalistik perlu dikenalkan kepada anak-anak sekolah , supaya dapat mengembangkan kreatifitas mereka . Bentuk tulisan jurnalistik yang dimaksud adalah feature. Dengan feature kita menginformasikan segala sesuatu, baik itu fakta, data, maupun peristiwa, termasuk pendapat dan pandangan tentang berbagai macam hal dengan tujuan memberikan pemahaman atau edukasi terhadap berbagai hal yang terjadi di sekitar kita. dan dapat membangun literasi.. Kegiatan praktik penulisan ini ditujukan kepada Anak-anak di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Malinjo Pejaten Jakarta Selatan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat mengenai praktik penulisan ini menunjukan antusiasme tinggi karena anak anak langsung mengaplikasikan tulisan mereka melalui internet. Dengan kegiatan ini anak-anak diharapkan mampu menjadi agen agen perubahan untuk hal-hal yang positif di masa depan, dengan mengembangkan kreatifitas dalam menulis sehingga kemampuan literasi mereka meningkat.
Kata kunci: Praktik, Penulisan, Feature, Literasi