PELATIHAN PEMBUATAN POMPA TANPA MOTOR (HYDRAULIC RAM PUMP) UNTUK IRIGASI PERTANIAN MASYARAKAT PEKON TIGA JAYA KECAMATAN SEKINCAU LAMPUNG BARAT

  • jorfri boike sinaga unila
  • M. Dyan Susila Fakultas Teknik, Universitas Lampung

Abstract

Pada makalah ini diberikan kegiatan pelatihan pembuatan pompa tanpa motor (hydraulic ram pump) kepada masyarakat petani Pekon Tiga Jaya, Kecamatan Sekincau. Materi pelatihan yang diberikan secara teori dan praktek yaitu tentang prinsip kerja pompa tanpa motor, pemilihan bahan dan pembuatan pompa tanpa motor (hydram pump), pemasangan dan pengoperasian pompa di lapangan, dan perawatan pompa ini. Berdasarkan kegiatan pelatihan yang dilakukan, dapat dlihat bahwa antusias masyarakat mengikuti kegiatan ini sangat baik untuk memperoleh pemahaman pembuatan pompa tanpa motor (hydraulic ram pump). Hal ini terbukti dengan sikap masyarakat yang serius dan banyak mengajukan pertanyaan saat pelaksanaan pemberian materi teori dan praktek tentang pembuatan pompa tanpa motor (hydram pump). Hasil kegiatan ini juga meningkatkan keinginan masyarakat untuk mengaplikasikan penggunaan pompa ini dalam membantu irigasi pertanian mereka dengan menggunakan dana desa, dengan tetap meminta bantuan bimbingan dari tim pelaksana dari Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Published
Nov 30, 2021
How to Cite
SINAGA, jorfri boike; SUSILA, M. Dyan. PELATIHAN PEMBUATAN POMPA TANPA MOTOR (HYDRAULIC RAM PUMP) UNTUK IRIGASI PERTANIAN MASYARAKAT PEKON TIGA JAYA KECAMATAN SEKINCAU LAMPUNG BARAT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 170—175, nov. 2021. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/295>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v5i3.295.
Section
Articles