ALAT FERMENTASI BAWANG PUTIH HITAM (BLACK GARLIC) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRODUKSI BAGI INDUSTRI RUMAH TANGGA DI BANDAR LAMPUNG

  • Sri Purwiyanti Universitas lampung
  • Yetti Yuniati
  • Yul martin

Abstract

Salah satu permasalahan yang ditemui pada industri rumah tangga produsen black garlic di Nunyai, Rajabasa adalah belum adanya peralatan produksi yang memadai, sehingga black garlic yang dihasilkan sedikit dengan kualitas yang kurang baik. Selama ini proses produksi dilakukan menggunakan rice cooker dengan suhu yang tidak tepat, tanpa pengatur waktu, dan kapasitas yang sedikit. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menghasilkan peralatan produksi berupa oven fermentasi listrik yang dilengkapi dengan pengatur suhu, pengatur waktu, dan dengan kapasitas lebih dari 5 kg. Kegiatan ini menyasar industri rumah tangga yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga di Nunyai, Rajabasa, Bandar Lampung. Kegiatan terbagi menjadi 5 tahap, yaitu tahap survei, tahap pemberian peralatan produksi, tahap pelatihan dan penyuluhan, serta tahap evaluasi. Penyuluhan akan mencakup materi edukasi tentang cara bagaimana meningkatkan kualitas black garlic yang diproduksi. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah dapat meningkatkan produksi black garlic dengan kualitas yang baik, sehingga dapat menghasilkan peningkatan penghasilan bagi ibu-ibu rumah tangga pelaku industri rumah tangga sasaran.

Published
Jul 30, 2021
How to Cite
PURWIYANTI, Sri; YUNIATI, Yetti; MARTIN, Yul. ALAT FERMENTASI BAWANG PUTIH HITAM (BLACK GARLIC) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRODUKSI BAGI INDUSTRI RUMAH TANGGA DI BANDAR LAMPUNG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 101-105, july 2021. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/291>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v5i2.291.
Section
Articles