SOSIALISASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNILA DALAM KONDISI PANDEMI COVID-19

  • Helmy Fitriawan, Muhamad Irsyad, Hery Dian Septama Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung, Bandar Lampung

Abstract

Banyaknya jalur dan kriteria masuk perguruan tinggi, termasuk beragamnya jenis program studi membuat siswa merasa bingung pada saat menentukan pilihan ketika melanjutkan ke pendidikan tinggi. Kondisi
pandemi covid-19 yang telah berlangsung sejak awal tahun 2020 juga turut mempengaruhi proses sosialisasi dan promosi penerimaan mahasiswa baru. Kegiatan penerimaan mahasiswa baru juga beberapa kali dilakukan revisi karena kondisi pandemi ini. Untuk itu kegiatan pengabdian ini fokus dalam mensosialisasikan jalur penerimaan mahasiswa baru dan program studi khususnya yang ada di Unila kepada siswa agar dapat menentukan pilihan dengan lebih baik ketika melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara daring. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini
yaitu pemberian sosialisasi dan promosi seluruh jalur penerimaan dan program studi yang ada di Universitas Lampung secara daring. Metode daring dipilih untuk bisa menjangkau lebih banyak target siswa terutama dalam masa pandemi Covid-19. Tim pengabdian memberikan materi kriteria, prosedur pendaftaran, proses seleksi, beasiswa tiap jalur penerimaan dan juga informasi profil lulusan setiap program studi yang ada di Unila baik secara sinkron dengan webinar ataupun asinkron dengan berita pada website dan media sosial. Kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru dimasa pandemi covid-19
dengan media daring berlangsung baik. Responden menilai kegiatan sosialisasi bernilai edukatif (4,52%), bermanfaat (4,57%), menarik (4,51%) dan informative (4,59%) yang berarti sangat baik.

Published
Apr 1, 2021
How to Cite
HERY DIAN SEPTAMA, Helmy Fitriawan, Muhamad Irsyad,. SOSIALISASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNILA DALAM KONDISI PANDEMI COVID-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 73-78, apr. 2021. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/288>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v5i1.288.
Section
Articles