Building a Nutrition Module for the First 1000 Days of Life for the Management of Toddler Stunting at Puskesmas Karang Anyar, South Lampung

  • Khairun Nisa Berawi Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung

Abstract

 


 


Data riset kesehatan dasar tahun 2018 didapatkan angka stunting sebesar 30,8 persen (19,3 persen balita pendek dan 11,5 persen balita sangat pendek) mengindikasikan bahwa dari 10 anak balita 3 orang berisiko stunting. Berbagai dampak stunting dari jangka pendek dan panjang menjadi urgensi untuk semua pihak bekerjasama menurunkan kasus stunting. Pendekatan intervensi edukasi managemen nutrisi pada kelurga dengan balita stunting menjadi salah satu program  solutif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan membangun modul nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan diharapkan dapat menghasilkan program yang membantu menurunkan dan memanagemen kasus balita stunting, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan adalah dengan edukasi melalui penyuluhan dan demonstrasi menggunakan modul nutrisi 1000 HPK yang ditargetkan kepada masyarakat khususnya keluarga dengan balita stunting, yang berada di wilayah Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan PKM diawali penyusunan modul dengan penelusuran literatur, diskusi ilmiah para anggota dengan pakar untuk memfinalkan draft modul edukasi asupan dan asuhan 1000 HPK, FGD dengan para bidan dan penanggung jwab gizi dari daerah lokus PKM, dan survei ke masyarakat khususnya keluarga dengan balita stunting untuk mengedukasi pengelolaan balita stunting dengan modul ini. Kegiatan PKM dievaluasi dengan membandingkan hasil pre-test dengan nilai rata-rata ibu 67, saat post-test nilai rata-rata 79. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta kegiatan, mengindikasikan peningkatan pengetahuan para ibu dengan balita stunting dengan menggunakan modul. Modul nurisi 1000 HPK diharapakan menjadi model edukasi berkelanjutan untuk mencegah balita stunting yang dapat diterapkan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Published
Jul 30, 2021
How to Cite
BERAWI, Khairun Nisa. Building a Nutrition Module for the First 1000 Days of Life for the Management of Toddler Stunting at Puskesmas Karang Anyar, South Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 111-115, july 2021. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/272>. Date accessed: 02 july 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v5i2.272.
Section
Articles