PELATIHAN BAHASA INGGRIS KOMUNIKATIF BERBASIS GAME ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN AL FALAH YASMUBA

  • Rafista Deviyanti Universitas Lampung
  • Novita Nurdiana Universitas Lampung
  • Khairun Nisa Universitas Lampung
  • Dian Shafwati Universitas Lampung

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan membantu panti asuhan Al Falah Yasmuba, dengan memberi pelatihan bahasa Inggris komunikatif berbasis game anak-anak di yayasan tersebut mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris secara lisan dengan lebih baik. Pencapaian tujuan tersebut dilakukan melalui pelatihan dengan metode meliputi: (1) Memberikan pelatihan dan workshop dengan menyajikan materi melalui tatap muka langsung mengenai pentingnya bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, (2) memberikan pelatihan bahasa Inggris komunikatif berbasis game kepada anak-anak Panti Asuhan Al Falah Yasmuba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan mampu meningkatkan pemahaman peserta terhadap kemampuan Bahasa Inggris. Setelah mengikuti pelatihan terlihat bahwa motivasi siswa meningkat dan ketertarikan terhadap pembelajaran Bahasa Inggris meningkat. Berdasarkan suasana pelatihan yang diamati pemateri pada saat pelatihan berlangsung, materi dan praktik games terbukti bisa membuat peserta pelatihan belajar bahasa inggris secara aktif, komunikatif, serta menyenangkan. Adapun saran yang dapat diajukan dari hasil program P2M, bagi para pengajar bahasa inggris metode berbasis game ini dapat digunakan dikelas pada situasi apapun baik formal maupun non formal dan terbukti menyenangkan bagi murid dalam belajar bahasa inggris.


 


Kata Kunci: Pelatihan Bahasa Inggris, komunikatif, game


 

Published
Jul 30, 2021
How to Cite
DEVIYANTI, Rafista et al. PELATIHAN BAHASA INGGRIS KOMUNIKATIF BERBASIS GAME ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN AL FALAH YASMUBA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 124-127, july 2021. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/263>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v5i2.263.
Section
Articles