Pelatihan pengembangan materi ajar speaking berdasarkan rekayasa faktor kognitif (task complexity) bagi guru-guru SMP dan SMA di Kabupaten Lampung Selatan

  • Mahpul Mahpul Universitas Lampung

Abstract

Model pembelajaran berbasis task (TBLT) sudah diadopsi secara luas di berbagai negara sebagai metode pembelajaran bahasa Inggris karena TBLT terbukti efektif mampu memfasilitasi siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran bahasa Inggris khususnya berbicara. Efektifitas/keberhasilan TBLT sebagai metode pembelajaran bahasa Inggris dalam membantu para siswa meningkatkan kemampuan speaking dibuktikan dengan temuan beberapa penelitian yang dilakukan di berbagai negara terutama di mana bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Namun, di Indonesia metode ini masih belum populer dan sangat sedikit guru maupun praktisi yang menerapkan metode ini. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu para guru bahasa Inggris SMP dan SMA di Kabupaten Lampung Selatan meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang pengembangan/pembuatan model pembelajaran speaking (berbicara) berdasarkan rekayasa faktor kognitif (task complexity) melalui pelatihan dan workshop dengan menyajikan materi melalui tatap muka langsung mengenai pengembangan materi ajar speaking berbasis task secara teoritis; dan (2) melakukan simulasi pengembangan materi ajar speaking berbasis task. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para peserta pelatihan ini mendapatkan manfaat nyata yaitu peningkatan profesionalisme agar mampu memperbaiki kualitas proses pembelajaran Bahasa Inggris khususnya speaking sehingga kemampuan berbicara para siswa SMP dan SMA mengalami peningkatan. Pelatihan sejenis secara berkelanjutan di masa mendatang masih sangat perlu untuk dilakukan.

Published
Nov 27, 2020
How to Cite
MAHPUL, Mahpul. Pelatihan pengembangan materi ajar speaking berdasarkan rekayasa faktor kognitif (task complexity) bagi guru-guru SMP dan SMA di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 212-218, nov. 2020. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/236>. Date accessed: 17 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v4i3.236.
Section
Articles