PENINGKATAN KESEHATAN ITIK DAN AYAM KAMPUNG MELALUI VAKSINASI DAN KADER VAKSINATOR DI DESA SABAH BALAU KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

  • Madi Hartono Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lampung

Abstract

Abstrak


 


Berdasarkan laporan kepala desa terjadi banyak kematian itik dan ayam pada setiap musim pancaroba sehingga perkembangan ternak itik dan ayam kampung di Desa Sabah Balau tidak berjalan mulus sesuai harapan masyarakat. Setelah dilakukan survei pendahuluan ternyata hampir setiap pergantian musim terjadi wabah penyakit yang dapat mengakibatkan penurunan produktivitas serta kematian itik dan ayam kampung. Penyakit yaitu Avian Influenza (AI) dan Newcastle Disease (ND).  Sasaran yang menjadi target dalam kegiatan ini adalah masyarakat peternak pemilik itik dan ayam kampung serta pemuda di Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode: (1) Penyuluhan tentang vaksinasi ayam kampong dan itik; (2) Pembentukan kader vaksinator.  Kegiatan pengabdian berupa penyuluhan dilaksanakan pada Sabtu, 27 Agustus 2016 di Dusun II dihadiri peternak  sebanyak 30 orang. Pada Minggu 4 September 2016 dilakukan pembentukan kader vaksinator yang dihadiri 13 Pemuda.  Setelah dilakukan pemilihan dipilih 5 orang sebagai kader vaksinator.  Kegiatan pengabdian tentang “Peningkatan Kesehatan Itik dan Ayam Kampung  melalui  Vaksinasi dan Kader Vaksinator Di Desa  Sabah Balau   Kecamatan Tanjung Bintang   Kabupaten Lampung Selatan” telah  meningkatkan pengetahuan peternak tentang vaksinasi dari kategori sedang (60,29) menjadi kategori tinggi (80,58) serta membentuk 5 orang kader vaksinasi.


 


Kata kunci: Kesehatan itik dan ayam, vaksinasi, kader vaksinator

Published
Jan 10, 2018
How to Cite
HARTONO, Madi. PENINGKATAN KESEHATAN ITIK DAN AYAM KAMPUNG MELALUI VAKSINASI DAN KADER VAKSINATOR DI DESA SABAH BALAU KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 51-53, jan. 2018. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/23>. Date accessed: 20 apr. 2024.