SOSIALISASI LINGKUNGAN BERSIH SEHAT UNTUK PERUMAHAN DESA BUMIHARJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

  • Eri Prawati Universitas Muhammadiyah Metro

Abstract

Lingkungan bersih merupakan tanggung jawab kita semua. Lingkungan bersih dan sehat akan membuat penghuninya nyaman dan kesehatan tubuh terjaga baik. Kesehatan tubuh manusia tergantung pada keberagaman kegiatan hidup manusia dalam memenuhi hidupnya. Banyak manfaat yang dirasakan dengan menjaga lingkungan bersih yaitu menjauhkan sumber-sumber penyakit yang berkembang di sekitar kita.


Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung berperilaku dan mempunyai kesadaran untuk hidup lebih sehat. Masih banyak masyarakat membuang air di WC cemplung.  


Warga Dusun Bumi Agung Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dan peternak, wawasan dan pengetahuan mereka tentang lingkungan bersih dan lingkungan sehat sangat minim. Oleh sebab itu harus dilakukan upaya peningkatan pemahaman dengan melakukan sosialisasi. Untuk itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk : 1) menyadarkan masyarakat tentang manfaat lingkungan bersih sehat dan pengaruhnya bagi kesehatan, 2) meningkatkan pengetahuan warga tentang cara menciptakan lingkungan bersih sehat akan dampak buruk lingkungan yang kotor, 3) mencegah tindakan yang dapat mencemari lingkungan serta menjaga kebersihan lingkungan. Untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan ini, maka dipilih beberapa metode pemecahan diantaranya adalah Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi. Metode ceramah menjelaskan dan mensosialisasikan tentang lingkungan bersih sehat. Metode Demonstrasi untuk mempraktekkan cara menciptakan lingkungan bersih sehat, pencegahan pencemaran lingkungan. Kegiatan pengabdian berhasil dengan baik, hal ini dilihat dari kemampuan peserta dalam penguasaan materi yang diberikan serta kemampuan dalam pencegahan pencemaran lingkungan.


 

Published
Mar 26, 2021
How to Cite
PRAWATI, Eri. SOSIALISASI LINGKUNGAN BERSIH SEHAT UNTUK PERUMAHAN DESA BUMIHARJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 17-21, mar. 2021. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/224>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v5i1.224.
Section
Articles