PEMANFAATAN DRUM PLASTIK BEKAS UNTUK PEMBUATAN SEPTICTANK MURAH DAN EKONOMIS DESA BUMIHARJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

  • LENI SRIHARYANI Universitas Muhammadiyah Metro

Abstract

Dusun Bumi Agung Desa Bumiharjo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Dari survei lokasi awal menunjukkan bahwa ada beberapa masyarakat di desa tersebut belum memiliki sarana sanitasi yang baik. Kebiasaan masyarakat membuang tinja di halaman kosong belakang rumah pada jamban tradisional/WC cemplung masih dilakukan.  Selain polusi udara akibat bau dari kotoran tinja,  BABS juga dapat mencemari air sumur yang biasa di konsumsi oleh warga. Pengetahuan warga tentang septictank murah dan ekonomis sangat terbatas dan minim sekali. Oleh sebab itu harus dilakukan upaya peningkatan pemahaman dan pengetahuan dengan melakukan pembuatan septicktank murah dan ekonomis. Drum plastik bekas yang berfungsi sebagai septictank bersifat kedap air, sehingga limbah nya tidak lagi mencemari lingkungan. Oleh sebab itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pengetahuan warga tentang septictank murah dan ekonomis, (2) mengenalkan konstruksi septictank murah dan ekonomis, (3) meningkatkan keterampilan warga dalam membuat septictank murah dan ekonomis, 4) menerapkan perilaku hidup sehat dengan tidak BABS. Digunakan beberapa metode untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan ini, diantaranya adalah Metode Ceramah dan Pelatihan. Metode ceramah untuk menjelaskan tentang pemanfaatan drum plastik bekas untuk pembuatan septictank. Pelatihan untuk mempraktekkan cara pembuatan septictank murah dan ekonomis. Kegiatan pengabdian di desa Bumiharjo berhasil dengan baik dan lancar, dapat terlihat dari kemampuan warga dalam penguasan materi yang diberikan, serta kemampuan ketrampilan dalam pembuatan septictank murah dan ekonomis. Warga sangat antusias untuk menerapkan teknologi ini. Hendaknya kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai saat ini saja, harus ada pendampingan dari berbagai pihak secara rutin terhadap warga, supaya warga tidak lagi BABS dan dapat membuat sendiri septictank yang murah sehingga kesadaran warga tentang kesehatan dan kebersihan semakin meningkat dan warga lebih peduli dengan lingkungan sekitar.

Published
Mar 26, 2021
How to Cite
SRIHARYANI, LENI. PEMANFAATAN DRUM PLASTIK BEKAS UNTUK PEMBUATAN SEPTICTANK MURAH DAN EKONOMIS DESA BUMIHARJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 12-16, mar. 2021. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/223>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v5i1.223.
Section
Articles