PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN KEMANDIRIAN MASYARAKAT KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERTOLONGAN HENTI JANTUNG MENDADAK (HJM) DI LUAR RUMAH SAKIT

  • Tori Rihiantoro, Purbianto, Ririn Sri Handayani Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang

Abstract

Abstrak


 


Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan penyakit kardiovaskuler dengan prevalensi tertinggi (1,5%) di Indonesia. PJK adalah penyebab kematian terbanyak kedua (12,9%) di Indonesia. PJK bersesiko mengalami henti jantung mendadak (HJM). Kelangsungan hidup korban HJM sangat tergantungkecepatan pertolongan orang didekatnya. Berdasarkan hasil penelitian pengetahuan masyarakat awam di Kota Bandar Lampung tentang RJP dan HJM masih sangat rendah. Kegiatan ini menggunakan pendekatan perlakuan (eksperimen) berupa sosialisasi HJM dan pelatihan RJP bagi karyawan dan siswa(perhotelan, restoran, tempat hiburan dan tempat wisata di Kota Bandar Lampung dengan jumlah subyek sebanyak 98orang. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik. Hasil analisis terhadap pengetahuan sebelum dan sesudah sosialisasi dan pelatihan terjadi perubahan rata-rata tingkat pengetahuan dari 41,06 menjadi 88,96. Berdasarkan analisis statistik dengan uji t dependent, terdapat perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan (p value= 0,000). Disimpulkan juga bahwa adanya minat dan kepedulian yang tinggi dari stake holder terkait untuk mengikuti sosialisasi dan pelatihan, serta ersedianya bystander (penoplong awam) bagi korban HJM pada area perhotelan, restoran, tempat wisata dan tempat hiburan di Kota Bandar Lampung. Berdasarkan hal tersebut disarankan bahwa perlunya keterlibatan pemerintah dan masyarakat (pendidikan, organisasi massa, profesi, LSM, dll) dalam memperbanyak bystander dan ketersediaan AED di area pelayanan publik.

Published
Nov 26, 2020
How to Cite
RIRIN SRI HANDAYANI, Tori Rihiantoro, Purbianto,. PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN KEMANDIRIAN MASYARAKAT KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERTOLONGAN HENTI JANTUNG MENDADAK (HJM) DI LUAR RUMAH SAKIT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 185-190, nov. 2020. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/209>. Date accessed: 05 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v4i3.209.
Section
Articles