SOSIALISASI TEKNIK HYPNOBIRTHING PADA TENAGA KESEHATAN, KADER KESEHATAN DAN IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TAHUN 2019

  • Supriatiningsih, Herlina, Novita Rudiyanti, Intan Rizqi Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang

Abstract

Abstrak


 


        Persalinan dan kelahiran normal adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup bulan (37–42 minggu), lahir spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung dalam 18 jam, tanpa komplikasi baik pada ibu maupun pada janin. (Prawirohardjo, 2006 : 100). Hypnobirthing adalah Salah Satu Teknik Otohipnosis (Selfhypnosis) dalam menghadapi dan menjalani kehamilan serta persiapan melahirkan sehingga mereka mampu menghadapi proses kehamilan dan persalinan dengan  lancer (Grantly Dick-Read, MD)


     Angka kematian ibu karena partus lama di Lampung cukup tinggi. Penyebab kematian ibu terbesar di Lampung pada tahun 2018 adalah perdarahan (32,34%), hipertensi dalam kehamilan (15%), gangguan metabolik (4%), gangguan sistem peredaran darah (4%), infeksi (3%) dan lain-lainnya.  (Dinkes Provinsi Lampung, 2018). Masalah yang terjadi Kurangnya pengetahuan ibu hamil , Kader kesehatan dan Tenaga kesehatan khusunya Bidan yang ada di wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Bintang belum pernah diberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang teknik hypnobirthing. tentang Hypnobirthing  yang dapat mencegah kelainan letak pada bayi dan kelelahan pada ibu bersalin sehingga mencegah terjadinya partus lama,


     Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat Kegiatan  dilaksanakan pada bulan Agustus selama dua hari (22-23 Agustus 2019), bertempat di Ruang pertemuan di wilayah  kerja Puskesmas Tanjung Bintang dan di PMB Rahayu.dengan menerapkan hasil penelitian Teknik Hypnobirthing, pada tenaga kesehatan, Kader Kesehatan dan Ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Bintang, dengan melibatkan partisipasi aktif tenaga kesehatan Kader Kesehatan dan Ibu Hamil dalam memahami dan selanjutnya diharapkan Ibu hamil dapat menerapkan Teknik Hypnobirthing pada kehamilan dan persalinannya.


     Bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dengan sosialisasi tentang teknik hypnobirthing yang terdiri dari berlatih Senam  dengan pelvic Rocking, ketrampilan Endorhin Massage, berlatih  keterampilan Teknik Relaksasi, berlatih keterampilan mengajarkan teknik Hypnosis pada ibu hamil .

Published
Dec 10, 2020
How to Cite
INTAN RIZQI, Supriatiningsih, Herlina, Novita Rudiyanti,. SOSIALISASI TEKNIK HYPNOBIRTHING PADA TENAGA KESEHATAN, KADER KESEHATAN DAN IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TAHUN 2019. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 238-243, dec. 2020. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/208>. Date accessed: 05 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v4i3.208.
Section
Articles