Membangun Kelurahan Sehat Melalui Kemitraan Poltekkes Tanjungkarang Dan Puskesmas Susunan Baru

  • Mei Ahyanti, Prayudhy Yushananta, Sarip Usman Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang

Abstract

Kasus diare di Puskesmas Susunan Baru cenderung berfluktuasi, dan masih selalu menjadi masalah kesehatan. Sarana sanitasi merupakan salah satu komponen dari sanitasi permukiman juga merupakan aspek penting terkait langsung dengan kesehatan dan masyarakat. Hasil penelitian oleh Ahyanti (2018) di Kota Bandar Lampung, menemukan komponen sarana sanitasi pemukiman berhubungan dengan penyakit diare (p value = 0,000 OR=2,558 CI = 1,681 – 3,892). Dalam menindaklanjuti uraian tersebut perlu dilakukan upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian kejadian penyakit.


Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Prodi Sanitasi Lingkungan Poltekkes Tanjungkarang bermitra dengan Puskesmas Susunan Baru Kota Bandar Lampung membangun jamban sederhana sehat dan penyuluhan tentang perilaku pembuangan tinja yang aman. Pembangunan jamban keluarga diarahkan kepada masyarakat prioritas yaitu yang tinggal di bantaran sungai. Pada kegiatan masyarakat ini telah terbangun sejumlah 16 unit jamban sederhaan sehat dan 2 unit septiktank komunal. Masyarakat Kelurahan Segala Mider 100% telah memiliki akses pembuangan tinja di tempat yang aman dan siap untuk diverifikasi dalam rangka pencanangan Open Defecation Free (ODF) atau daerah bebas buang air besar sembarangan.

Published
Dec 10, 2020
How to Cite
YUSHANANTA, SARIP USMAN, Mei Ahyanti, Prayudhy. Membangun Kelurahan Sehat Melalui Kemitraan Poltekkes Tanjungkarang Dan Puskesmas Susunan Baru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 255-259, dec. 2020. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/206>. Date accessed: 06 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v4i3.206.
Section
Articles