PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU SMK MUHAMMADIYAH

Authors

  • Hasan Hariri Universitas Lampung
  • Dedy Hermanto Karwan Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jss.v4i1.196
Abstract viewed = 79 times

Keywords:

Guru, Karya Ilmiah, Pelatihan, Penulisan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah secara khusus ditujukan kepada guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Provinsi Lampung, yang secara umum perlu ditingkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam menulis artikel ilmiah yang merupakan salah satu unsur penting dalam  pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru. Tujuan kegiatan ini adalah untuk (1) memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang cara-cara menulis karya ilmiah khususnya artikel jurnal nasional, (2) membantu guru menghasilkan karya ilmiah berupa naskah artikel tentang pendidikan sesuai bidang dan program keahlian mereka di sekolah untuk layak terbit setidak-tidaknya pada jurnal nasional.Pelatihan ini diawali dengan penjelasan disertai contoh-contoh (dari judul, latar belakang, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, implikasi, dan referensi).  Selanjutnya peserta diberi tugas latihan menulis dengan topik sesuai minat mereka dan dibawa pulang, dan setelah lima hari bertemu lagi dengan membawa hasil tulisan mereka. Secara umum perubahan pengetahuan dan kemampuan sebagai hasil pelatihan, yaitu peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan menulis karya  ilmiah, dibandingkan sebelum pelatihan, berdasarkan kenaikan skor rata-rata yang meningkat dan hasil interview setelah mengikuti proses pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-25

How to Cite

Hariri, H., & Karwan, D. H. (2020). PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU SMK MUHAMMADIYAH. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 4(1), 66–71. https://doi.org/10.23960/jss.v4i1.196

Issue

Section

Articles