PENCATATAN TRANSAKSI KEUANGAN BERBASIS TEKNOLOGI BAGI GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Retnoningrum Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Sukirman Sukirman Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
  • Linda Agustina Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
  • Dhini Suryandari Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
  • Djoko Sanjoto SMP Muhammadiyah 3 Semarang

Abstract

Revolusi industri telah merambah ke seluruh lini kehidupa termasuk pada bidang pendidikan. Oleh karena itu guru dituntut untuk mampu menggunakan teknologi dalam praktik kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Namun pada kenyataan, masih terdapat kasu-kasus di lingkungan sekolah terkait pengelolaan keuangan yang tidak tepat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam hal penggunaan teknologi untuk pengelolaan keuangan di lingkungan sekolah. Adapun sasaran pada pengabdian masyarakat ini adalah guru-guru di SMP Muhammadiyah 3 Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan tentang pencatatan transaksi keuangan dan pengggunaan aplikasi didalam pencatatan transaksi keuangan. Hasil kegiatan program pengabdian ini menunjukkan bahwa para guru i memahami penitngnya pengelolaan keungan berbasis teknologi di era revolusi industry 4.0. Lebih lanjut, adanya peningkatan kemampuan guru dalam pencatatan transaksi keuangan. Untuk selanjutnya, perlu adanya peningkatan kemampuan guru secara berkelanjutan agar mampu menghadapi perubahan zaman.

Published
Jul 22, 2020
How to Cite
HIDAYAH, Retnoningrum et al. PENCATATAN TRANSAKSI KEUANGAN BERBASIS TEKNOLOGI BAGI GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 151-154, july 2020. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/185>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v4i2.185.
Section
Articles