PEMETAAN DRONE DAN OPTIMALISASI POTENSI GEOWISATA DANAU TIRTA GANGGA, DESA SWASTIKA BUANA KEC. SEPUTIH BANYAK, LAMPUNG TENGAH

  • I Gede Boy Darmawan Universitas Lampung

Abstract

Danau Tirta Gangga merupakan sebuah danau buatan yang terletak di Kabupaten Lampung Tengah, Kecamatan Seputih Banyak, tepatnya berada di Desa Swastika Buana. Danau ini memiliki luas sekitar 150 hektar dan digunakan oleh masyarakat untuk pengairan lahan pertanian sekitar 3000 ha di sekitar kawasan. Danau Tirta Gangga memiliki daya tarik tersendiri terhadap wisatawan lokal untuk menikmati keindahan alam dan pemandangannya. Namun beberapa kegiatan masyarakat menyebabkan aspek keindahan alam menjadi berkurang dan menimbulkan permasalahan pada suplai air baku untuk pertanian. Sehingga diperlukan suatu tindakan yang dapat mempertahankan fungsi awal dari danau ini bahkan menambahkan nilai keekonomisan bagi masyarakat. Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan memetakan potensi geowisata baru yang dapat dikembangkan dan dikelola oleh masyarakat,mengedukasi masyarakat dalam peningkatan kualitas dan keunggulan/ kearifan lokal yang berimbas pada peningkatan nilai ekonomi kawasan Danau Tirta Gangga dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk media promosi (dengan Drone) profil kawasan wisata Danau Tirta Gangga. Manfaat dari pengabdian ini adalah terpetakannya potensi geowisata baru yang dapat dikembangkan dan dikelola oleh masyarakat serta terbentuknya media promosi video profil kawasan wisata Danau Tirta Gangga yang dapat disebarkan melalui media internet sehingga wisatawan dapat dengan mudah mengenal dan tertarik untuk berkunjung ke Danau Tirta Gangga.

Published
Jul 22, 2020
How to Cite
DARMAWAN, I Gede Boy. PEMETAAN DRONE DAN OPTIMALISASI POTENSI GEOWISATA DANAU TIRTA GANGGA, DESA SWASTIKA BUANA KEC. SEPUTIH BANYAK, LAMPUNG TENGAH. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 146-150, july 2020. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/184>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v4i2.184.
Section
Articles