PELATIHAN PENINGKATAN PRODUKSI, PENENTUAN HARGA JUAL, DAN PEMASARAN PRODUK MINUMAN BUBUK JAHE DAN COKLAT DI DESA SUNGAI LANGKA, PESAWARAN

  • rindu rika gamayuni universitas lampung
  • Fajar Gustiawaty Dewi
  • fitra dharma
  • fitra dharma

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini ditujukan pada kelompok Wanita Tani di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Desa Sungai Langka adalah desa penghasil tanaman coklat, berada di daerah dataran tinggi yang sejuk. Hampir setiap warga di desa ini menanam coklat. Banyaknya tanaman coklat dimanfaatkan oleh ibu-ibu Kelompok Wanita Tani di desa ini untuk membuat minuman bubuk coklat. Produk lainnya yang dihasilkan adalah minuman bubuk jahe. Namun permasalahannya adalah, masih terbatasnya jumlah produksi minuman bubuk jahe dan coklat yang dihasilkan karena keterbatasan tenaga dan peralatan, masih kurangnya pengetahuan dalam analisis biaya produksi dan menentukan harga jual yang tepat, dan masih kurangnya kemampuan dalam memasarkan produk tersebut, sehingga belum bisa memberikan laba atau keuntungan yang maksimal. Target yang ingin dicapai adalah peningkatan produksi, peningkatan laba atau keuntungan, dan meluasnya daerah pemasaran produk. Solusi dan metode untuk menyelesaikan permasalahan tersebut antaralain dengan memberikan pelatihan bagaimana cara untuk meningkatkan produksi, analisis biya produksi dan penentuan harga jual yang tepat, serta pemasaran via on line produk minuman bubuk jahe dan coklat bagi Kelompok Wanita Tani di Desa Sungai Langka ini, sehingga terjadi peningkatan perekonomian warga desa.

Published
Mar 10, 2020
How to Cite
GAMAYUNI, rindu rika et al. PELATIHAN PENINGKATAN PRODUKSI, PENENTUAN HARGA JUAL, DAN PEMASARAN PRODUK MINUMAN BUBUK JAHE DAN COKLAT DI DESA SUNGAI LANGKA, PESAWARAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 24-27, mar. 2020. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/168>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v4i1.168.
Section
Articles