AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI CINTABAHARI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PULAU PAHAWANG

  • Mardiana Mardiana Program Studi Teknik Informatika Universitas Lampung Jl. Prof. Sumantri Brojonegoro No.1 Bandar Lampung 35145

Abstract

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cinta Bahari dibentuk oleh aparat Desa Pulau Pahawang Lampung sejak tahun 2013.  Akan tetapi rendahnya tingkat pendidikan anggota Pokdarwis membuat mereka sangat sulit untuk dapat mengembangkan potensi wisata pulau Pahawang. Pada tahun 2017, promosi wisata sudah dilakukan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bentuk mobile application CintaBahari yang dikembangkan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebelumnya. Namun demikian masalah promosi ini masih harus terus ditingkatkan dan berkelanjutan, sehingga jumlah kunjungan wisatawan yang diperoleh dapat lebih maksimal. Solusi yang ditawarkan oleh Tim PKM ini adalah mengembangkan media promosi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang menggambarkan objek wisata Pahawang secara real yang dikemas secara menarik dan atraktif. Teknologi AR dapat menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Selain itu, Tim PKM ini juga memberikan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi AR tersebut dan pembagian poster dengan konten AR kepada masyarakat sebagai sarana mereka memberikan promosi kepada wisatawan yang datang. Metoda  yang  digunakan  dalam  pembangunan aplikasi menggunakan metode iterative development  yang disebut dengan Rapid Application Development (RAD) dengan tahapan : identifikasi masalah dan motivasi, menetapkan objek solusi, penerapan solusi dan pelatihan serta pelaporan hasil dan publikasi. Adanya aplikasi AR ini diharapkan dapat membuat peningkatan potensi wisatawan yang datang dan kembali datang lagi ke Pulau Pahawang melalui ketersediaan informasi yang lengkap dan menarik dalam bentuk AR. Sehingga secara langsung akan berdampak pada peningkatan pendapatan pokdarwis dan masyarakat Desa Pulau Pahawang pada umumnya.  


 


Kata kunci: Augmented Reality, Cinta Bahari, Pokdarwis, Pahawang, Promosi

Published
Oct 24, 2019
How to Cite
MARDIANA, Mardiana. AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI CINTABAHARI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PULAU PAHAWANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 116-121, oct. 2019. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/164>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v3i3.164.
Section
Articles