PEMANFAATAN PEMBERIAN GEL COLLOID BUAH POHON AREN (Arenga pinnata Merr) YANG DIKONSUMSI SEBAGAI TERAPI OSTEOARTHRITIS GENU TERHADAP MANULA DI UPTD PSLU TRESNA WERDHA

  • Rodhiansyah Djayasinga ProdiDiploma IV JurusanAnalisPoltekkesTanjungkarang

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Mayarakat ini adalah sebagai penerapan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan pada UPTD PSLU Tresna werdha Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan berdasarkan pengumpulan data melalui skala nyeri bahwa terdapat banyak keluhan osteoarthritis genu pada manula dengan derajat kesakitan pada level sedang. Solusi yang diberikan oleh Tim Pengabmas Poltekkes Tanjungkarang adalah memberikan buah aren sebanyak 100 g/orang/hari selama 2 (dua) bulan dan peralatan blender untuk mebuat buah aren menjadi bentuk gel colloid sebagai terapi osteoarthritis genu. Penyampaian informasi dan cara pengolahan buah aren melibatkan para manula dengan tujuan agar keluhan osteoarthritis  genu menjadi berkurang pada skala nyeri dan timbul kesadaran atau kemauan dari para manula untuk mengkonsumsi buah aren dalam mengobati osteoarthritis genu. Hasil yang didapat adalah terjadi perubahan sebesar 100% yakni keluhan osteoarthritis genu pada skala nyeri pada awalnya 10 orang manula dengan tingkat nyeri sedang, setelah mengkonsumsi buah aren 100 gr/hari/orang selama 2 (dua) bulan, keluhan nyeri setingkat sedang menjadi pada tingkat ringan.  


 


Kata kunci: Buah Pohon Aren (ArengapinnataMerr), Manula, Osteoarthritis genu


 

Published
Oct 24, 2019
How to Cite
DJAYASINGA, Rodhiansyah. PEMANFAATAN PEMBERIAN GEL COLLOID BUAH POHON AREN (Arenga pinnata Merr) YANG DIKONSUMSI SEBAGAI TERAPI OSTEOARTHRITIS GENU TERHADAP MANULA DI UPTD PSLU TRESNA WERDHA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 102-106, oct. 2019. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/161>. Date accessed: 02 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v3i3.161.
Section
Articles