PEMBERDAYAAN EKONOMI PEDESAAN BERBASIS PARTISIPASI WARGA MENUJU PENINGKATAN DAN KEMANDIRIAN PENGELOLAAN EKONOMI DI DESA PARAKANLIMA, CIRINTEN, LEBAK-BANTEN

  • Yupiter Gulo Trisakti School of Management, Jakarta
  • Nicken Destriana Trisakti School of Management, Jakarta

Abstract

Tujuan utama dalam studi ini adalah mengembangkan cara yang efektif untuk memberdayakan ekonomi pedesaan berbasis partisipasi warga desanya menuju kemandirian dalam mengelola ekonomi desanya. Program pemberdayaan ekonomi desa hanya mungkin efektif dan berkesinambungan apabila warganya terlibat secara aktif dalam semua proses yang dilakukan mulai sejak dari awal hingga akhir proses, bahkan terus menerus menjadi siklus yang harus dikelola terus menerus. Trisakti School of Management (TSM) melalui program PKM mengambil peran untuk terlibat memberdayakan masyarakat desa agar mandiri mengelola kehidupan ekonominya dengan semua sumberdaya yang dimiliki.


 


Kegiatan PKM dilakukan pada tanggal 26 Juli 2018 di Desa Parakanlima, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, yang merupakan desa tertinggal/termiskin di Provinsi Banten. Dimana pemberdayaan sebelumnya telah dilakukan melalui proses dan waktu panjang, yang dimulai dari kegiatan Live-in mahasiswa, diteruskan dengan pembangunan MCK, dan gedung “serbaguna”. Melalui musyawarah desa, pembangunan ruangan serbaguna dapat digunakan untuk kegiatan desa, sekolah PAUD, termasuk saat kegiatan pelatihan dan sharing pengalaman tentang manajemen usaha koperasi dilakukan di gedung tersebut. Pelatihan ini diikuti oleh key-persons di desa dan antusiasme serta tanggapan sangat positif diperoleh melalui testimoni yang disampaikan. Adanya perubahan peningkatan pengetahuan pentingnya manajemen organisasi, membuka wawasan warga mengenai usaha-koperasi sebagai pilihan wadah perekonomian desa, serta dapat melakukan pembukuan yang benar menjadikan warga termotivasi untuk segera mendirikan koperasi. Sehingga dengan adanya kesadaran dan harapan dengan koperasi, perekonomian desa dapat meningkat dan mandiri.


 


Kata kunci: pemberdayaan, partisipatif, ekonomi pedesaan, usaha-koperasi, kemandirian

Published
Dec 23, 2018
How to Cite
GULO, Yupiter; DESTRIANA, Nicken. PEMBERDAYAAN EKONOMI PEDESAAN BERBASIS PARTISIPASI WARGA MENUJU PENINGKATAN DAN KEMANDIRIAN PENGELOLAAN EKONOMI DI DESA PARAKANLIMA, CIRINTEN, LEBAK-BANTEN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 118-124, dec. 2018. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/120>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v2i3.120.
Section
Articles