PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN PAKAN TERNAK RUMINANSIA DI DESA RUKTI ENDAH KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

  • Eko Budiyanto Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro

Abstract

Permasalahan warga yang memiliki ternak ruminansia adalah pada musim kemarau mengalami kesulitan dalam bidang pengadaan pakan hijauan berupa rumput untuk ternak mereka. Hal itu disebabkan stok pakan sangat terbatas pada musim kemarau, namun berbeda kondisi jika pada musim penghujan, saat musim panen padi, dan panen jagung. Jerami padi dan pelepah jagung merupakan limbah pertanian warga kecamatan Seputih Raman yang oleh masyarakat sekitar hanya dibakar dalam mempersiapkan lahan untuk penanaman berikutnya. Beberapa solusi yang ditawarkan adalah teknologi pakan silase berbahan baku jerami padi dan pelepah jagung berfungsi menjembatani stok pakan pada musim hujan dan musim kemarau. Dalam pembuatan silase, bahan pakan terlebih dahulu dicacah sekitar 1-5 cm. Solusi penawaran berikutnya adalah tim pengabdi membantu membuatkan mesin pencacah untuk memudahkan mitra dalam mencacah pakan ternak sebelum dibuat silase. Dalam hal ini tim pengabdi juga memberikan penyuluhan pengoperasian dan perawatan mesin pencacah pakan ternak serta pelatihan cara pembuatan silase pakan ternak. Hasil dari kegiatan ini adalah warga mitra dapat mengoperasikan dan merawat mesin pencacah pakan ternak untuk memanfaatkan potensi lokal sebagai solusi permasalahan pakan ternak sehingga kebutuhan pakan ternak di musim kemarau menjadi terbantu.


 


Kata kunci: limbah pertanian, pakan ternak, silase

Published
Dec 23, 2018
How to Cite
BUDIYANTO, Eko. PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN PAKAN TERNAK RUMINANSIA DI DESA RUKTI ENDAH KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 109-113, dec. 2018. ISSN 2550-1089. Available at: <http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/118>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.23960/jss.v2i3.118.
Section
Articles